Ilustrasi cenil, jajanan tradisional terbuat dari tepung singkong.
Ilustrasi cenil, jajanan tradisional terbuat dari tepung singkong. ( SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H)

Agar Matang Merata, Berikut 3 Cara Membuat Kue TRadsional Yang Direbus

1 September 2022 12:18 WIB

SonoraBangka.id - Selain dipanggang, ada banyak jajanan tradisional yang dimasak dengan cara direbus. Di antaranya, ada cenil, klepon, dan kue lupis.  Ada tips membuat kue tradisional yang direbus agar tidak pecah dan bisa matang merata, seperti yang dilansir dari buku "Nostalgia Kue Tenong" (2016) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.  Tiga cara membuat ini bisa kamu ikuti dengan mudah, terutama untuk para pemula. Simak penjelasannya. 

1. Pastikan air dalam keadaan mendidih

Pada saat akan merebus adonan kue tradisional, pastikan kamu sudah memanaskan air hingga mendidih. Masukkan adonan ke dalamnya, hal ini agar adonan tidak pecah dan bisa matang dengan cepat. 

2. Gunakan panci besar 

Cara membuat kue tradisional yang direbus selanjutnya adalah gunakan panci besar dan tuang air ke dalamnya hingga tiga per empat penuhnya. Pakai panci kecil dengan air sedikit bisa membuat adonan kue menjadi lengket dan saling melekat. 

3. Jangan angkat kue yang baru mengapung 

Ada cara bikin kue tradisional yang direbus agar matang sempurna yaitu jangan langsung mengangkat kue yang mengapung. Tanda kue yang sudah matang biasanya ditandai dengan mengapungnya adonan di permukaan panci. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Kue Tradisional yang Direbus, Harus Pakai Air Mendidih", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/09/01/100700775/3-cara-membuat-kue-tradisional-yang-direbus-harus-pakai-air-mendidih.
P

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm