Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui wartawan di PT Tirta Investama Danone, Abiansemal, Badung, Bali, Rabu (31/8/2022)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui wartawan di PT Tirta Investama Danone, Abiansemal, Badung, Bali, Rabu (31/8/2022) ( KOMPAS.com)

Luhut Ingin Pastikan Bali Bebas dari Sampah Jelang KTT G20

1 September 2022 16:28 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meninjau proyek pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu dan memantau progres dua TPST lainnya, yakni Tahura dan Padang Sambian untuk memastikan agar Bali bebas dari sampah.

Tinjauan tersebut dalam rangka persiapan jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada November 2022.

"Saya harap pada Oktober atau November, Bali akan jadi lebih bersih dan sampah di laut juga semakin berkurang, syukur-syukur tidak ada lagi terlihat sampah yang mengapung di seluruh perairan Bali," katanya lewat postingan Instagramnya, Kamis (1/9/2022).

Luhut bilang, 3 TPST yang rencananya akan hadir di Denpasar ini sekitar 40 persen mesinnya masih diimpor, karena hingga saat ini Indonesia masih belum memiliki teknologi tersebut dan dalam tahap pengembangan.

"Tetapi saya minta kepada K/L terkait agar terus mengembangkan mesin berteknologi yang sama untuk diproduksi sendiri di dalam negeri," lanjut dia.

Rencananya pabrik mesin ini akan berada di Solo, Jawa Tengah sehingga kedepannya mesin pengolahan sampah di 52 TPST lainnya yang akan dibangun di seluruh Indonesia akan menggunakan mesin buatan dalam negeri.

"Jelang presidensi G-20 yang sudah di depan mata, Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara akan semakin sibuk untuk mempersiapkan acara besar ini. Maka dari itu, pembangunan 3 TPST ini juga menjadi salah satu persiapan untuk menyambut KTT G20 dan menuntaskan berbagai pekerjaan yang tertunda," ujar Luhut.

Luhut yang juga Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaran Acara Presidensi G20 Indonesia ini pun meminta kepada kementerian/lembaga terkait agar semua pihak ikut serta dan terlibat mengurangi sampah yang pada akhirnya bisa membuat Bali bebas dari Sampah.

"Saya pun meminta Universitas Udayana untuk ikut berkontribusi dalam melakukan riset ilmiah tentang studi pemilahan sampah antara yang basah dengan yang kering. Dengan begitu, apapun yang kita kerjakan ada landasan ilmiahnya sehingga bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar," ungkapnya.

Selain itu, agar ada nilai dan manfaat ekonomis dari TPST ini, dirinya ingin agar hasil pengelolaan sampah di TPST bisa menghasilkan berbagai macam produk. Supaya UMKM lokal bisa menambah hasil produk mereka sendiri sehingga perekonomian masyarakat sekitar bisa terus bergerak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Ingin Pastikan Bali Bebas dari Sampah Jelang KTT G20", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/09/01/064000426/luhut-ingin-pastikan-bali-bebas-dari-sampah-jelang-ktt-g20.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm