Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah ( KOMPAS.COM/Thinkstockphotos.com )

Sebelum Meminjamkan Uang ke Orang, Harus Perhatikan 3 Hal Ini Dulu!

3 September 2022 07:49 WIB

 

SonoraBangka.id - Sebaiknya kamu menerapkan sejumlah tips hemat sesuai dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki sebelum meminjamkan uang ke orang lain.

Walaupun membantu teman atau orang terdekat lainnya merupakan hal yang baik dilakukan, namun perlu diketahui untuk mengetahui pos keuangan mana yang ingin dipinjamkan.

Misalnya, kamu ingin meminjamkan uang yang berasal dari pos kebutuhan sehari-hari, atau tabungan masa depan dan biaya belanja.

Pasalnya, jangan sampai karena ingin membantu orang lain, kamu jadi harus mengalami gangguan finansial.

Dikutip dari Kompas.com, berikut ini tiga tips hemat yang perlu kamu perhatikan sebagai pertimbangan sebelum meminjamkan uang ke orang lain, seperti dijelaskan oleh perencana keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP.

1. Cek Kondisi Keuanganmu

Seperti disebutkan sebelumnya, sebaiknya cek dulu kondisi keuanganmu sebelum meminjamkan uang ke orang lain.

Tips cermat yang bisa kamu lakukan adalah untuk melihat apakah ada dana berlebih yang bisa kamu pinjamkan.

Menurut Rista, jangan sampai pada akhirnya kamu memaksakan diri dan berujung menyusahkan keuangan sendiri.

Jika sudah memiliki uang yang sudah dimasukkan ke pos-pos tujuan, tips hemat yang bisa diterapkan agar alokasi tersebut tidak terganggu adalah dengan tidak meminjamkannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm