Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin
Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin ( babelprov.go.id)

Provinsi Babel Siap Dorong Pembangunan Maritim Melalui Blue Economy

8 September 2022 07:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa menyebut, transformasi ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 melalui Blue Economy dapat menjadi sumber pemulihan ekonomi global yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Dalam hal ini, Indonesia telah menempatkan blue economy sebagai bagian dari diskusi penting pada Development Working Group (DWG). Di mana, pendekatan melalui potensi ekonomi laut Indonesia ini diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi inklusif untuk meningkatkan peluang kesejahteraan masyarakat,” tuturnya dalam sesi diskusi pertama side event G20 pada seminar “The Development of Indonesia's Blue Economy Roadmap: Explore the Existing Condition of Blue Economy Sector in Indonesia”, bertempat di Ballroom Hotel BW Suite, Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (7/9/2022).

Menteri Suharso juga mengatakan beberapa pembahasan mengenai penyusunan Roadmap blue economy Indonesia, sebagai tindak lanjut dari Kerangka Pembangunan Blue Economy Indonesia yang telah diluncurkan tahun 2021 lalu.

Ditemui usai sesi diskusi pertama ini, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menanggapi bahwa topik _blue economy_ yang dibahas sangat relevan, mengingat Kep. Babel adalah provinsi kepulauan.

“Jadi blue economy harus kita sikapi dengan sungguh-sungguh dan juga menjadi salah satu pilihan penting masa depan Kep. Babel,” ujarnya.

Pj. Gubernur Kep. Babel, Ridwan menambahkan bahwa Kep. Babel harus bersiap-siap untuk lebih mendorong pembangunan berbasis maritim. Pada sesi tadi juga dijelaskan beberapa tantangan pada potensi blue economy seperti Sumber Daya Manusia (SDM), pendanaan, dan teknologi.

“Nah, dengan adanya tantangan-tantangan tersebut, dengan jalan kerja sama, maka kita akan menemukan solusi-solusi terbaik dalam mendukung pertumbuhan pemulihan ekonomi termasuk potensi blue economy," sebutnya.

Pj. Gubernur Ridwan pun berharap kerja sama yang terjalin melalui DWG G20 ini dapat menemukan solusi terbaik sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm