Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih ( Thinkstockphotos )

Dokter Ingatkan Dehidrasi, 1 dari 4 Orang Dewasa Belum Cukup Minum!

10 September 2022 14:13 WIB

SonoraBangka.id - Air putih membantu kita terhidrasi, mencegah makan berlebihan dan bahkan bisa membakar kalori ekstra.

Memang, cairan dalam tubuh sangat penting untuk dipenuhi demi menunjang kesehatan dan kebugaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh karenanya, Kawan Puan wajib minum air dalam jumlah cukup setiap harinya.

Sayangnya, berdasarkan studi Fluid intake of children, adolescents and adults in Indonesia: results of the 2016 satu dari empat orang dewasa di Indonesia belum cukup minum.

Hal itulah yang kemudian menempatkan orang dewasa di Indonesia dalam posisi rentan dehidrasi akibat kurang memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh.

Ditambah lagi cuaca ekstrem seperti panas tinggi yang membuat tubuh semakin rentan mengalami dehidrasi.

Mengetahui cuaca yang tidak menentu ini, maka Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menyarankan orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan asupan air minum.

"Selain jenis kelamin dan usia, faktor lain yang dapat memengaruhi kebutuhan air adalah suhu, kelembapan, dan lingkungan," ujar Diana dalam acara Danone-AQUA Ajak Keluarga Indonesia Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan Air Minum Berkualitas pada Rabu, (24/08/2022).

Diana mengungkap pula bahwa ada berbagai manfaat minum air bagi tubuh, seperti:

- Pembentukan sel dan cairan tubuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm