Pertamina Patra Niaga memasok perdana produk smooth fluid 04 untuk kebutuhan pengeboran PT Petronas Carigali.
Pertamina Patra Niaga memasok perdana produk smooth fluid 04 untuk kebutuhan pengeboran PT Petronas Carigali. ( Dok. PT SAPETRO)

Petronas Gunakan Pertamina Smooth Fluid untuk Pengeboran Lepas Pantai

13 September 2022 08:50 WIB

SonoraBangka.ID - Pertamina Patra Niaga selaku sub-holding Commercial and Trade Pertamina memasok perdana produk Smooth Fluid (SF) 04 kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) PT Halliburton Indonesia untuk kebutuhan pengeboran lepas pantai PT Petronas Carigali.

Hal ini menjadi momentum besar bagi Pertamina karena produk SF 04 yang dihasilkan dari Refinery Unit IV Cilacap ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk import sejenis.

PT Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO), selaku distributor resmi produk Smooth Fluid Pertamina merasa bangga akan peluncuran produk SF 04.

“Kami menilai kedepannya produk–produk petrokimia Pertamina akan semakin baik dan unggul berkat sinergisitas PT. Pertamina Patra Niaga dan PT. Kilang Pertamina Internasional, harga yang lebih kompetitif dan produksi dalam negeri akan menjadi nilai tambah yang membuat Pertamina semakin kuat di Indonesia.” ujar Direktur Utama SAPETRO Niko Atmaja dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/9/2022).

Sementara itu, Manager Corporate Sales Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) Jeffri Affandi menambahkan, pengiriman ke Petronas ini menjadi bukti bahwa produksi Pertamina siap bersaing dengan produk impor.

“Penyaluran perdana produk Smooth Fluid 04 kepada Halliburton ini membuktikan bahwa produk Pertamina dengan segala keunggulannya dapat diandalkan untuk bersaing dengan produk impor dan diharapkan dapat segera diaplikasikan ke seluruh K3S yang beroperasi di wilayah Nusantara," kata dia.

"Dengan dukungan dari Tim PT Kilang Pertamina Indonesia agar kapasitas produksi Smooth Fluid dapat ditingkatkan sehingga Pertamina dapat menjamin security of supply dalam melakukan pemasaran produk ke pasar Domestik maupun Internasional," sambungnya.

Sebagai informasi, SF 04 sendiri merupakan produk Base Oil yang dicampur dengan Drilling Mud dan digunakan oleh perusahaan K3S dalam melakukan eksplorasi pengeboran minyak atau gas.

Kelebihan dari produk ini dikarenakan memiliki tingkat sulfur dan kandungan aromatic yang rendah sehingga menjadi lebih ramah lingkungan dan efisien.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Petronas Gunakan Pertamina Smooth Fluid untuk Pengeboran Lepas Pantai", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/09/12/204000226/petronas-gunakan-pertamina-smooth-fluid-untuk-pengeboran-lepas-pantai.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm