Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dr Andri Nurtito.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dr Andri Nurtito. ( )

Ada Ratusan Nakes Honorer di Pemprov Bangka Belitung, Formasi PPPK Untuk 27 Orang

14 September 2022 13:29 WIB

SONORABANGKA.ID -- Honorer tenaga kesehatan (Nakes) di Pemerintahan Provinsi Bangka Belitung ada sebanyak 200 orang lebih.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dr Andri Nurtito saat ditemui bangkapos.com, Rabu (14/9/2022).

"Pastinya gak tahu tapi kira-kira ada 200-an lebih di rumah sakit, di laboratorium dan dinas kesehatan, honorer pemprov," kata Andri.

Dia mengatakan dari total tersebut, pada tahap pertama seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ada formasi untuk sekitar 27 tenaga kesehatan.

"Kami sudah ada disetujui oleh pemerintah pusat, untuk tahap pertama ini ada sekitar 27 tenaga kesehatan di tahun 2022 ini, itu sudah disetujui sebagiannya dokter spesialis, sisa ada perawat dan lainnya," ujar dr Andri.

Dia menyebutkan untuk tahun 2023 ke depan, akan ada lagi untuk formasi tenaga kesehatan untuk seleksi Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Tahun 2023 ada lagi, kalau 2022, kalau syarat jelasnya tanya BKD ya. Tapi yang jelas prioritas tenaga teknis seperti dokter, perawat dan apoteker,"tambahnya.

Sementara untuk dokter non ASN dikatakan oleh dr Andri, tetap dapat mengikuti seleksi Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sesuai formasi yang telah disiapkan.

"Nanti sesuai dengan formasi yang dibuat pemerintah pusat, bisa mengikuti PPPK, tapi ada arahan dari pimpinan kami, dokter dengan kebutuhan mendesak itu nanti akan kami biayai dengan skema lain yang dibenarkan, misalnya melalui BLUT dan pembiayaan kegiataan," ujarnya.

Dia menambahkan bila nanti, jumlah tenaga kesehatan PPPK akan lebih sedikit bila dibandingkan jumlah honorer saat ini.

"PPPK ini biaya pendapatan sedikit lebih tinggi dengan PHL. Sehingga dengan otomatis dengan kemampuan keuangan kita yang tetap maka jumlah PPPK akan lebih sedikit dengan jumlah PHL yang ada sekarang,"imbuh dr Andri.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Ada Ratusan Nakes Honorer Pemprov Bangka Belitung, Formasi PPPK Hanya 27 Orang, https://bangka.tribunnews.com/2022/09/14/ada-ratusan-nakes-honorer-pemprov-bangka-belitung-formasi-pppk-hanya-27-orang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm