Ilustrasi uang. BLT subsidi gaji atau BSU
Ilustrasi uang. BLT subsidi gaji atau BSU ( KOMPAS.com)

Cair Pekan Depan, Begini Cara Cek Penerima BSU Tahap 2 secara Online

17 September 2022 16:30 WIB

SonoraBangka.ID - Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 2 Rp 600.000 akan segera cair pekan depan. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan, pihaknya sudah menerima 2,4 juta data dari BPJS Ketenagakerjaan untuk selanjutnya dilakukan pemadanan data.

“Hari ini kami menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar 2,4 juta. Seperti pada tahap pertama, kami padankan dengan data penerima program yang lain dan kami padankan juga apakah mereka PNS atau TNI-Polri. Setelah itu, seperti biasa pada minggu depan, setelah selesai verifikasi, validasi, maka tahap kedua akan kami salurkan,” ujar Ida dalam siaran pers, Jumat (17/9/2022).

Adapun cara untuk mengecek penerima BSU tahap 2 Rp 600.000, bisa dilakukan melalui laman Kementerian Ketenagakerjaan, bsu.kemnaker.go.id.

Cara cek penerima BSU tahap 2

Untuk lebih rincinya, simak langkah-langkah pengecekan penerima BSU tahap dua melalui bsu.kemnaker.go.id sebagai berikut:

  1. Membuat akun/ melakukan pendaftaran di Kemenaker.
  2. Aktivasi akun dengan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone
  3. Masuk ke dalam akun, lalu lengkapi biodata, seperti foto profil, status pernikahan hingga tipe lokasi.
  4. Cek pemberitahuan, yang akan berisi mengenai status penerima subsidi upah, seperti terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar, serta menunjukkan memenuhi syarat atau tidaknya, bahkan notifikasi mengenai penyaluran dana kepada penerima bantuan.
  5. Jika memang dana telah disalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, dan BTN), maka akan muncul notifikasi.

Syarat penerima BSU tahap 2

  1. Adapun syarat-syarat penerima BSU tahap 2 tahun 2022 sebagai berikut::
  2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.
  3. Warga negara Indonesia
  4. Gaji atau upah paling banyak Rp 3,5 juta
  5. Pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu
  6. Bukan PNS, TNI, dan Polri
  7. Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, dan bantuan produktif untuk usaha mikro.

Bagi pekerja yang tidak memiliki rekening di bank himbara tak perlu khawatir, sebab pekerja dengan rekening bank swasta akan dibukakan rekening di bank himbara atau BLT subsidi gaji disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Nantinya, para pekerja akan dibantu oleh perusahaan masing-masing dengan berkoordinasi dengan BPJS ketenagakerjaan.

Sebagai informasi, Bansos BLT BBM 2022 diberikan sebesar Rp 150.000 selama empat bulan atau total Rp 600.000, yang dibayarkan dalam dua tahap melalui Kantor Pos Indonesia. Sementara itu, BSU Rp 600.000 sudah tersalurkan kepada 4,1 juta penerima manfaat.

Pada tahap pertama, BSU Rp 600.000 diberikan kepada 4,1 juta penerima melalu bank himbara. Penyaluran keseluruhan BSU ini ditargetakan rampung pada akhir tahun ini atau Desember 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cair Pekan Depan, Begini Cara Cek Penerima BSU Tahap 2 secara Online", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/09/17/071409126/cair-pekan-depan-begini-cara-cek-penerima-bsu-tahap-2-secara-online.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm