Ilustrasi anak stress
Ilustrasi anak stress ( Shutterstock)

Tips yang Bisa Di Lakukan Jika Belajar Online Bikin Anak Stres

18 September 2022 08:26 WIB

SonoraBangka.id - Sebagai orangtua, menemani buah hati belajar online di masa pandemi ini rasanya jadi tantangan sendiri ya.

Terlebih semenjak pandemi ditetapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau lebih dikenal dengan sekolah online.

Bukan cuma anak saja yang merasa stres. Kegiatan ini pun merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua.

Bukannya apa, sebab dikhawatirkan pembelajaran online ini tidak optimal, karena anak kurang mengerti materi yang disampaikan guru. Selain itu guru pun harus mencari metode pembelajaran yang baru agar anak tak jenuh.

Dari sisi orang tua, kita pun mungkin kebingungan melihat anaknya yang tak paham akan materi.

Melansir Kompas.id, Litbang Kompas.com pernah melakukan survei pada Juni 2020. Hasil survei menunjukkan bahwa 28,3% masyarakat khawatir akan dampak psikososial PJJ.

Pasalnya, PJJ membuat anak jenuh, malas, dan motivasi belajar turun karena tidak ada teman. Tak hanya itu saja, anak pun bisa mengalami stres.

Sebagai seorang ibu, pasti hal tersebut menjadi catatan penting ya, Kawan Puan.

Tapi Kawan Puan jangan panik, untuk mengatasi anak stres karena belajar online, PARAPUAN punya tips untukmu.

Risiko stres yang timbul pada anak sebenarnya akibat dari terlalu sering belajar daring. Namun, tentu saja hal ini dapat dicegah. Caranya seperti berikut ini:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm