EGR Innova Diesel (Dicky Aditya Wijaya)
EGR Innova Diesel (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Sering Menggunakan Solar Murah Bikin EGR Rusak?

18 September 2022 16:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Bila berpatokan spesifikasi standar pabrikan, mobil diesel common rail minimal menggunakan solar dengan nilai cetane number (CN) 51 atau setara Dexlite

Tujuannya, untuk menjaga performa mesin dan keawetan komponen. Penggunaan BBM kualitas rendah bisa berisiko buruk  juga membuat performa mesin loyo.

Bahkan, bisa sampai membuat kerusakan pada komponen lain. Salah satunya Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang cukup sering mengalami masalah.

Padahal secara fungsi, EGR tak cuma untuk mengurangi emisi gas buang, namun juga ikut menjaga efisiensi penggunaan BBM.    

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, kualitas BBM solar yang buruk akan menimbulkan kerak dan jelaga pada bagian katup dan pipa. 

"Performa mesin otomatis berkurang, BBM kualitas buruk akan menimbulkan tumpukan jelaga sisa pembakaran yang menyumbat EGR," ucap Bambang, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

EGR yang bermasalah, gejalanya hampir mirip injektor yang tersumbat atau mampet. Mesin brebet dan dalam kondisi yang sudah parah bisa mati mendadak.

Bambang melanjutkan, supaya normal maka pemilik mobil harus rutin melakukan pembersihan EGR valve dan pipa. 

Selain itu, ada satu cara yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik, yakni dengan sering melakukan Italian tune up

Dengan menjaga putaran mesin pada rpm tinggi, jelaga dan kerak karbon bisa terdorong bersama gas buang. 

"Kalau ikut jadwal servis pembersihan setiap 10.000 kilometer (KM). Asal mobil sering digunakan dan di bawa ngebut, bagus buat kebersihan mesin dan jalur pembuangan," kata dia. 

Walau begitu, menurut Bambang, banyak pemilik memilih menutup jalur EGR dengan alasan tidak ingin repot melakukan perawatan rutin.

Kerusakan EGR, paling sering menyerang katup sensor yang bermasalah. Sementara untuk biaya pergantian EGR seperti Innova Diesel sekitar Rp 2,5 jutaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Sering Pakai Solar Murah Bikin EGR Rusak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/18/144200715/mitos-atau-fakta-sering-pakai-solar-murah-bikin-egr-rusak-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm