Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringatan hari jadi Kota Pangkalpinang ke 265
Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringatan hari jadi Kota Pangkalpinang ke 265 ( Humas Kominfo Pangkalpinang)

Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringatan hari jadi Kota Pangkalpinang ke 265

18 September 2022 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Dalam rangka peringatan hari jadi Kota Pangkalpinang ke-265 tahun, Pemerintah Kota Pangkalpinang gelar upacara yang dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pangkalpinang, lembaga vertikal negara tingkat kota hingga tokoh-tokoh adat diseluruh Indonesia yang ada di Kota Pangkalpinang, bertempat di Halaman Gedung Tudung Saji. Sabtu (17/9/2022).


Walikota Pangkalpinang (Molen) menuturkan, penduduk Pangkalpinang pada tahun 1848 berdasarkan catatan statistik telah berjumlah sekitar 5.651 jiwa yang mendiami 105 kampung. Perkembangan selanjutnya, Pangkalpinang ditetapkan sebagai ibu kota Keresidenan Bangka dan menjadi pusat pemerintahan menggantikan kota Mentok, selanjutnya Pangkalpinang ditetapkan menjadi ibu kota Keresidenan Bangka Belitung atas dasar ordonansi tanggal 2 Desember 1933.

"Tanpa terasa oleh kita, Pangkalpinang sudah berusia 265 tahun. Dengan usia tersebut masih banyak kekuatan dan potensi yang kita miliki harus digali, masih banyak tantangan yang harus kita hadapi, masih banyak peluang yang harus kita cermati dan masih banyak kelemahan yang harus kita perbaiki. Memang telah banyak yang kita lakukan untuk Kota Pangkalpinang tapi tugas dan pengabdian belum selesai", tegas Molen.

Menurutnya, memperingati hari jadi kota adalah memperingati suatu peristiwa sejarah yang dianggap penting sebagai tonggak atau momentum keberadaan sebuah kota dan momentum untuk lebih giat bekerja membangun kota. Dalam konteks membangun dan melestarikan Kota Pangkalpinang, Molen berharap cita-cita sejarah masa lalu harus dihargai, untuk membangun dan merayakannya pada masa kini dan untuk merangkul serta merencanakan masa depan yang gemilang.

"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama membangun Kota Pangkalpinang yang kita cintai. Dengan tema hari 'Pangkalpinang Senyum Agik' mari kita wujudkan masyarakat Kota Pangkalpinang pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Kita berharap agar masyarakat kita bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni Pandemi Covid-19," pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm