Mitsubishi New Xpander Sport CVT(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Mitsubishi New Xpander Sport CVT(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Berhenti di Lampu Merah Sebaiknya Tuas Transmisi Matik di Posisi N

23 September 2022 18:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Dengan Banyaknya lampu merah di jalan perkotaan membuat pengendara harus mengantre. Tidak jarang, pengendara khususnya mobil, terjebak di lampu merah hingga berkali-kali karena panjangnya antrean.

Keadaan itu membuat pengendara perlu memindahkan tuas transmisi dari N ke D dan sebaliknya, secara berulang kali. Bagi sebagian orang tentu itu cukup merepotkan.

Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan bila mobil berhenti di lampu merah dengan memindahkan tuas ke N.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan posisi N saat mobil berhenti di lampu merah memiliki kelebihan dan kurangan yang perlu dipahami pengendara.

“Jika pengendara memilih memindahkan tuas transmisi ke N saat berhenti di lampu merah akan mendapatkan beberapa keuntungan, pertama transmisi matik bekerja lebih ringan karena posisi N bisa diartikan sistem di transmisi tidak aktif,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Hardi mengatakan, dengan tidak adanya daya putar roda karena tuas transmisi sedang netral, maka beberapa komponen di mobil akan menjadi lebih awet.

“Transmisinya sendiri akan mendapatkan waktu istirahat, mounting yang bertugas memegang mesin dan transmisi juga lebih bebas karena tidak ada tegangan dari gaya pengereman dan gaya putar dari transmisi,” ucap Hardi.

Dia juga menjelaskan beberapa komponen lain tidak menerima gaya putar dari transmisi sehingga akan membuat lebih awet.

“Dari sisi drive shaft (poros as roda) itu lebih bebas karena tidak ada gaya putar dari transmisi, kampas rem juga tidak bekerja karena tidak perlu menginjak pedal rem saat posisi transmisi N,” ucap Hardi.

Selain itu, Hardi juga menjelaskan pada sisi keamanan juga cukup berguna untuk memindahkan tuas transmisi ke N saat berhenti di lampu merah.

“Lebih aman posisi N karena kondisi pengemudi bisa saja kurang konsentrasi saat berhenti di lampu merah, kalau posisi D bisa saja lupa, lantas mengangkat pedal rem sehingga mobil bisa maju tanpa disadari, bisa menabrak pengendara lain yang ada di depannya juga,” ucap Hardi.

Sementara kekurangan memindahkan tuas matik ke N itu cuma masalah kurang praktis saja, Hardi mengatakan itu tidak akan menyebabkan kerugian pada komponen di mobil, bahkan di dalam transmisi sekali pun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berhenti di Lampu Merah Sebaiknya Tuas Matik di Posisi N", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/23/112200415/berhenti-di-lampu-merah-sebaiknya-tuas-matik-di-posisi-n.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm