Jajaran produk baterai ABC Lithium(Dok. @abclithiumcell)
Jajaran produk baterai ABC Lithium(Dok. @abclithiumcell) ( kompas.com)

ABC Tegaskan Jadi Produsen Cell Baterai Kendaraan Listrik Yang Pertama

23 September 2022 22:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT International Chemical Industry (Intercallin ) menegaskan bila pihaknya menjadi pabrik lokal pertama yang produksi sel baterai Lithium Ion Phosphate (LFP) untuk kendaraan listrik.

Produsen baterai ABC tersebut telah mendirikan pabrik untuk produksi cell LFP sejak 2021 dan beroperasi di awal tahun 2022.

Direktur Pemasaran PT Intercallin Hermawan Wijaya mengatakan jika ini adalah langkah ABC untuk mengatasi permasalahan cell baterai kendaraan listrik di Indonesia.

“Jdi ABC ini kita produksi baterai LFP . yaitu call dengan material ferro phosphate atau besi fosfat. Dan saat ini di investasikan menjadi cell dalam bentuk silinder dengan ukuran kecil,” kata Hermawan kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Nantinya, cell silinder yang di produksi ABC dapat dirakit jadi baterai pack. Ukuran baterai pack yang dibuat oleh ABC hadir dalam porsi kecil lantaran baterai pack ini bukan fokus utama dari pabrik ABC dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Jadi kita punya dua pabrik yaitu produksi cell dan yang satu produksi baterai pack tapi fokus pada material cell. Tujuan utama ABC membangun industri cell dimana industri cell itu belum pernah ada di Indonesia sampai hari ini,” kata Hemawan.

"Kendati dalam media yang viral IBC sebagai produsen cell baterai pertama di Indonesia, tapi IBC belum punya pabrik," kata Hermawan.

Sementara itu, pabrik produksi cell baterai ABC sudah ada di Jakarta barat. Bahkan, saat ini cell baterai milik ABC sudah rilis dan dijual secara komersial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ABC Tegaskan Jadi Produsen Cell Baterai Kendaraan Listrik Pertama", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/23/190200215/abc-tegaskan-jadi-produsen-cell-baterai-kendaraan-listrik-pertama.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm