lustrasi Pakcoy
lustrasi Pakcoy ( Dok. Wikimedia / Jeremy Keith)

Hindari Batang Yang Berbintik, Berikut 3 Tips Pilih Pakcoy Yang Bagus

26 September 2022 14:26 WIB

SonoraBnagka.id - Pakcoy, salah satu sayuran asal China yang memiliki batang menyerupai sendok, sehingga sering disebut sawi sendok di Indonesia.  Biasanya, pakcoy digunakan sebagai campuran berbagai masakan Asia. Sebelum mengolah pakcoy, tidak ada salahnya untuk memerhatikan kesegaran pakcoy. Pilih pakcoy yang segar, karena selain rasanya enak juga awet disimpan. 

1. Perhatikan daun pakcoy

Pastikan daunnya berwarna hijau cerah dan garing. Daun yang layu atau kuning merupakan tanda penuaan.

2. Perhatikan batangnya

Batang dengan ukuran kepala pakcoy lebih besar (beratnya 800 gram atau lebih) dapat lebih keras pada bagian tengahnya. Ini berpengaruh terhadap kecepatan matang ketika memasak. Oleh karena itu, masak batang pakcoy terlebih dahulu baru daunnya agar matang merata.  Pilih pakcoy dengan batangnya berwarna putih cerah. Hindari memilih batang yang sudah ditutupi dengan bintik-bintik coklat kecil, karena sudah tidak segar.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Melansir dari Harvest to Table, kamu perlu menyesuaikan jenis pakcoy yang akan dipakai dalam masakanmu. Pilih jenis pakcoy berdaun besar untuk sup dan pilih pakcoy batang yang lebih kecil dan  panjang jika akan ditumis. Sementara itu, pilih baby pakcoy jika ingin menyajikan pakcoy secara utuh atau dimasak sebentar saja.  Sebab, baby pakcoy memiliki rasanya sedikit lebih manis dan tekstur lebih lembut dibandingkan pakcoy dewasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Pilih Pakcoy yang Bagus, Hindari Batang Berbintik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/09/26/100600375/3-cara-pilih-pakcoy-yang-bagus-hindari-batang-berbintik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm