Ilustrasi cakwe atau cakue.
Ilustrasi cakwe atau cakue. ( Dok. Shutterstock/ TopzaFoto)

Berikut Ini 5 Tips Cara Membuat Cakwe Gorengan Favorit Mengembang

27 September 2022 21:26 WIB

SonoraBangka.id - Cakwe biasa dijual dengan roti goreng. Umumnya, dihidangkan dengan saus spesial atau diiris tipis untuk topping bubur ayam. Kalau kamu ingin membuat cakwe di rumah, ada baiknya untuk mengetahui tips membuat cakwe mengembang berikut ini. 

1. Gunakan takaran bahan cair yang tepat

Dilansir dari laman The Kitchn, salah satu kunci membuat cakwe yang mengembang dan berlubang adalah dengan memperhatikan takaran bahan cair. Gunakan takaran yang pas karena adonan yang basah akan sulit mengembang dan tidak bisa mengembang secara maksimal.

2. Potong adonan menjadi dua dan satukan

Masih dalam laman yang sama, cakwe memiliki bentuk dua lonjong. Bentuk adonan dengan menyatukan kedua potongan adonan yang disatukan. Cara tersebut bisa membuatnya lebih mengembang dibandingkan menggunakan satu potongan yang dibelah tidak putus. Pastikan untuk tidak menempelkan adonan cakwe terlalu erat agar tidak menghambat proses kembang saat digoreng.

3. Gunakan minyak panas

Pada saat proses menggoreng adonan cakwe, pastikan minyak yang digunakan dalam keadaan panas. Minyak panas bisa membantu mengaktifkan baking powder sehingga bisa melepaskan gelembung karbon dioksida yang membuatnya mengembang.

4. Tambahkan mentega dan telur

Dilansir dari laman Serious Eats, tambahkan mentega dan telur ke dalam adonan untuk menambah rasa dan tekstur lembut tanpa membuatnya bantat.

5. Istirahatkan adonan dalam waktu yang cukup lama

Adonan perlu diistirahatkan agar kandungan gluten di dalamnya mudah terurai dan bisa merata. Kandungan tersebut bisa berkembang sepenuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Cakwe Mengembang, Gorengan Favorit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/09/27/131300175/5-cara-membuat-cakwe-mengembang-gorengan-favorit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm