Melanie Putria
Melanie Putria ( GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.com )

Melanie Putria Bagikan Inspirasi Olahraga Tanpa Tersiksa, Mau Tahu?

30 September 2022 08:29 WIB

SonoraBangka.id - Kita tahu bahwa manfaat olahraga bagi kesehatan manusia sangat banyak. Tak sedikit juga para publik figur yang suka berolahraga.

Yah, salah satunya yakni Melanie Putria, Fitness Influencer membagikan tips untuk pemula yang ingin berolahraga agar tubuh sehat.

Inspirasi olahraga ini bisa dilakukan dengan mudah dan tidak menyiksa.

Para pemula juga akan lebih konsisten karena tahapan dan target yang jelas.

Melanie menyampaikan, "Menurut aku dengan konsisten berolahraga, kita bisa meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek, mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga mental."

"Seringkali orang merasa bahwa olahraga membutuhkan waktu yang banyak, padahal dengan diimbangi pengetahuan yang mumpuni sangat mungkin bagi kita untuk berolahraga secara efektif tanpa memakan banyak waktu."

"Jangan lupa juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing agar lebih konsisten dan menyenangkan, ya!"

Ia kemudian lebih detail mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keefektifan berolahraga meskipun dilakukan dengan waktu yang terbatas:

1. Frequency

Pertama, tentukan terlebih dahulu frekuensi olahraga yang akan kamu lakukan dalam satu minggu, hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan tingkatkan secara perlahan.

Jika saat baru mulai kamu hanya berolahraga 1-2x seminggu, lama kelamaan bisa kamu tingkatan menjadi 4-5x.

Penting untuk tahu berapa frekuensi yang tepat agar bisa mencapai tujuan tanpa berolahraga secara berlebihan.

2. Intensity

Parameter intensitas adalah ukuran seberapa sulit olahraga yang akan kamu lakukan.

Ketika baru memulai, jangan langsung berlebihan dan sesuaikan intensitas olahraga yang kamu lakukan dengan kemampuanmu, karena jika kamu berolahraga terlalu intens dapat menyebabkan cedera atau burnout.

Mulailah dari level yang dirasa nyaman dan sanggup kamu lakukan, lalu setelah rutin berolahraga bisa kamu tingkatkan secara bertahap. 

3. Type 

Temukan tipe olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan goal-mu lalu mulai perlahan-lahan kamu lakukan setiap hari.

Sebaiknya sebagai pemula, mulai olahraga dari yang paling ringan, menyenangkan, dan nyaman terlebih dulu seperti bersepeda atau jogging.

Hindari langsung melakukan kegiatan olahraga expert seperti lari maraton jika kamu masih baru mulai mencoba berolahraga dan belum latihan secara khusus.

4. Time

Parameter FITT selanjutnya mengacu pada durasi berolahraga. Tentu saja, durasi ini juga perlu disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti kebugaran tubuh, usia, berat badan, kesehatan, dan banyak lagi.

Perlu diingat bahwa menambah durasi sebaiknya hanya dilakukan apabila kamu sudah merasa benar-benar siap dan terlatih, ya!  

5. Preparation

Nah, kalau yang satu ini tidak termasuk dalam prinsip FITT, namun tentunya tidak kalah penting.

Saat mulai rutin berolahraga, pastikan kamu sudah memiliki produk atau alat yang dapat mendukung dan menambah semangatmu untuk terus bergerak.

Memilih perlengkapan olahraga yang sesuai sangatlah penting, bukan hanya untuk melengkapi penampilan namun juga untuk memperoleh hasil maksimal, membuat olahraga lebih nyaman, dan meminimalisir risiko cedera.

Jadi intinya tak perlu mahal, olahraga bisa dimulai dari memakai beban tubuh, lo!

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053501378/inspirasi-olahraga-tanpa-tersiksa-dari-melanie-putria-perhatikan-5-hal-ini?page=all

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm