Ilustrasi kamar tidur dengan warna sage green. (SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW)
Ilustrasi kamar tidur dengan warna sage green. (SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW) ( KOMPAS.COM)

Cara Menciptakan Kamar Tidur Nyaman dan Aman Berdasarkan Feng Shui

3 Oktober 2022 16:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Filosofi feng shui adalah tentang mencapai keseimbangan dan menciptakan lingkungan yang sehat. Kini, feng shui dapat diaplikasikan di berbagai ruangan di dalam rumah, termasuk kamar tidur.

Menjadi ruangan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin. 

Dilansir House Beautiful, Senin (3/10/2022), Priya Sher, seorang ahli Feng Shui, mengatakan bahwa sangat penting menciptakan ruang suci dan aman untuk berhubungan kembali dengan diri kita sendiri dan membangun kembali energi kita.

Secara sederhana, feng shui berfokus pada penataan ruangan dan aliran chi atau qi (energi). Rosie Axford, salah satu pendiri perusahaan interior Wicklewood, menambahkan, feng shui adalah tentang membangun hubungan yang lebih dalam dengan lingkungan kita agar sepenuhnya hadir di ruangan. 

Penempatan furnitur di kamar tidur

Dalam Feng Shui, kamar tidur adalah 'yin' atau ruang yang tenang. Tujuan utamanya adalah untuk mengisi ulang energi Anda saat kita tidur.

Tempat tidur adalah kuncinya. Tempat tidur harus ditempatkan dengan kepala menempel ke dinding dengan ruang di sekitar kedua sisi untuk memungkinkan energi mengalir dengan bebas.

Headboard harus mempunyai tepi yang lebih lembut, tanpa tepi yang tajam ke dasar tempat tidur. Bila memungkinkan, sebaiknya terbuat dari kain karena ini memberikan nuansa yang lebih lembut, mengundang dan santai, kata Amalia Boier, desainer interior BIID (British Institute of Interior Design).

Boier menyatakan, hindari menempatkan tempat tidur di bawah jendela atau di dinding yang sama dengan pintu masuk karena hal ini secara tidak sadar dapat menciptakan perasaan tidak aman dan dapat membuat Anda merasa terancam atau tidak aman.

Simetri juga penting. Pilih dua buah meja samping tempat tidur, dua lampu, dua bantal, bahkan jika Anda tidak berpasangan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm