Ilustrasi timun.
Ilustrasi timun. ( Dok. Shutterstock/ Leszek Czerwonka)

Agar Tetap Renyah, Berikut 3 Cara Menyimpan Timun Yang Sudah Dipotong

6 Oktober 2022 07:06 WIB

SonoraBangka.id - Timun merupakan bahan makanan yang biasa diolah menjadi lalapan atau urap. Bukan hanya itu saja, timun juga banyak diolah menjadi isian sayur kuah bening atau minuman menyegarkan.  Namun apa jadinya kalau kamu sedang membuat aneka menu masakan dengan timun tapi masih tersisa? Jangan buru-buru di buang, kamu bisa menyimpannya untuk diolah dan dinikmati kembali.  Dilansir dari laman Southern Living, simak cara simpan timun potong agar tetap segar dan renyah. 

1. Bungkus dengan plastik

Kamu bisa menggunakan plastik untuk membungkus timun potong agar tetap renyah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kertas beeswax untuk menjaga tekstur timun tetap baik dan tidak mengalami kerusakan. Cara membungkus timun dengan plastik ini juga bisa melindungi timun dari gas etilen buah atau sayur saat disimpan bersamaan dalam suatu tempat atau lemari es.

2. Bungkus potongan timun dengan tisu dapur

Kamu juga bisa menggunakan tisu dapur untuk melapisi timun. Caranya, tempatkan irisan timun ke dalam wadah plastik kemudian masukkan tisu dapur ke dalamnya. Tisu dapur bisa membantu menyerap kelembaban pada timun potong. Irisan timun tidak bisa bertahan lama, maka segera gunakan.

3. Rendam potongan timun

Ditambahkan dari Eating Well, kamu juga bisa menempatkan irisan timun ke dalam wadah dengan tutup dan isi wadah dengan air. Simpan potongan timun dalam wadah tersebut ke dalam lemari es. Hal ini untuk menjaga timun tetap renyah karena terlindungi dari udara kering di lemari es.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Timun yang Sudah Dipotong Biar Tetap Renyah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/10/05/110700875/3-cara-simpan-timun-yang-sudah-dipotong-biar-tetap-renyah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm