Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.(AFP/MIGUEL MEDINA)
Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.(AFP/MIGUEL MEDINA) ( KOMPAS.COM)

Indonesia Gandeng Singapura buat Melaksanakan Balapan F1 di Bintan

7 Oktober 2022 19:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Indonesia sepakat menjalin kerja sama dengan Singapura untuk memajukan industri motorsport dunia di kawasan Asia Tenggara. Salah satu bentuk kerja samanya adalah rencana untuk gelaran ajang balap Formula 1 (F1) di Bintan, Kepulauan Riau.

Dalam kerja sama ini, Pemerintah Indonesia diwakilkan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang bertemu dengan Ketua Parlemen Singapura H.E Mr Tan Chuan-Jin.

Untuk menggelar F1 di Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Pemerintah Provinsi Riau, dan Gallant Venture Pte LTD, yang merupakan perusahaan investasi asal Singapura, tengah mempersiapkan pembangunan Bintan International Circuit dan sirkuit internasional di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

"IMI dan Motor Sport Singapore (MSS) bisa bekerja sama menyelenggarakan Formula 1 di Bintan International Circuit. Kerja sama lainnya yang bisa dilakukan, turis yang menonton F1 di Bintan nantinya bisa menginap di Singapura," kata Bamsoet dalam keterangan resminya, Kamis (6/10/2022).

"Mengingat, keberadaan hotel di Bintan saat ini belum mencukupi," lanjut dia.

Selain itu, Sirkuit Bintan juga nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti garasi yang bisa disewa oleh penduduk Singapura untuk menyimpan kendaraannya. Ini bisa dilakukan karena memang jarak antara Bintan dengan Singapura tidak terlalu jauh.

Singapura juga disebut Bamsoet, yang merupakan Ketua IMI, memuji kesuksesan Indonesia menyelenggarakan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Keberadaan sirkuit internasional di Asia Tenggara, seperti yang dimiliki Singapura dan juga yang nanti akan dimiliki Indonesia, akan semakin menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai salah satu pusat industri motorsport dunia," kata dia.

Adapun sirkuit F1 di Bintan akan mempunyai panjang mencapai 5,2 kilometer dengan total 17 tikungan. Diketahui pembangunan sirkuit ini memakan nilai investasi sekitar Rp 1,2 triliun dan sepenuhnya menggunakan dana swasta tanapa APBN maupun APBD.

Pembangunan sirkuit diperkirakan rampung dalam waktu 1,5 hingga 2 tahun. Bintan International Green Circuit akan jadi lintasan balap yang mengusung konsep hijau pertama di Indonesia karena dekat dengan wilayah konservasi hutan bakau yang ada di Lagoi, Bintan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Gandeng Singapura buat Gelar Balapan F1 di Bintan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/07/132100715/indonesia-gandeng-singapura-buat-gelar-balapan-f1-di-bintan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm