Suasana Kirab Budaya dan Festival Nganggung Nusantara Peran Saka Nasional 2022 di Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Bangka, Sabtu (8/10/2022).
Suasana Kirab Budaya dan Festival Nganggung Nusantara Peran Saka Nasional 2022 di Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Bangka, Sabtu (8/10/2022). ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita )

Menyambut Tamu Peran Saka Nasional 2022, 1000 Dulang Disajikan Masyarakat Kemuja

8 Oktober 2022 14:05 WIB

SonoraBangka.id - Di tengah gerimis mengguyur pagi ini di lapangan Bola Lama Desa Kemuja, masyarakat Desa Kemuja tetap antusias menyusun dulang-dulang dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10/2022).

Dalam momentum ini, ada 1000 dulang yang disiapkan untuk menyambut tamu dari 31 provinsi se-Indonesia pada acara Pekan Saka Nasional 2022.

Lauk pauk yang disajikan pun beragam macam layaknya hari lebaran, ada ketupat, rendang, opor ayam dan lauk lainnya.

Sebetulnya, nganggung dan bertamu ke rumah-rumah setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat daerah ini.

Namun kali ini sedikit berbeda, tamu-tamu dari luar daerah Bangka Belitung hadir untuk merasakan sensasi tradisi nganggung.

Sebelum acara nganggung 1000 dulang dilaksanakan, dimeriahkan dulu dengan Kirab Budaya dan Festival Nganggung Nusantara.

Mengenakan berbagai baju adat daerah masing-masing, para peserta mengikuti pawai kirab budaya, memulai berjalan dari Pondok Pesantren Al Islam Desa Kemuja hingga Lapangan Bola Lama Desa Kemuja.

"Kegiatan ini budaya yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Jadi ada beberapa desa yang mengadakan ini seperti lebaran, mereka akan menjamu kita, ini menunjukan ramah tamahnya masyarakat Babel," ujar Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi saat Kirab Budaya dan Festival Nganggung Nusantara Peran Saka Nasional 2022.

Dia berharap semangat gotong royong dan budaya seperti ini dapat disebarkan juga di seluruh Indonesia. 

"Mudah-mudahan ke depan, kegiatan ini terus dilestarikan," kata Melati.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm