Ilustrasi banjir. (PIXABAY/J LLOA)
Ilustrasi banjir. (PIXABAY/J LLOA) ( KOMPAS.COM)

Waspada Motor Starter Rusak Usai Mobil Menerjang Genangan Air

8 Oktober 2022 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Peritiwa Genangan air terlihat di beberapa sudut jalan ketika musim hujan datang. Hal itu menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pengendara. Selain bisa membuat mesin mogok, beberapa komponen di mobil juga bisa mengalami kerusakan.

Salah satu komponen yang bisa rusak karena air adalah, motor stater. Ini merupakan komponen utama yang menunjang penghidupan awal mesin. Jadi, bila komponen ini rusak maka mesin tidak bisa dihidupkan.

Oleh sebab itu,di musim hujan pemilik mobil perlu waspada, terlebih lagi komponen ini bisa rusak kalau terendam oleh banjir.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan motor starter bisa rusak bila terendam banjir, meski terkadang masih bisa diselamatkan setelah dibersihkan dan dilumasi ulang.

“Motor starter bisa saja macet atau bunyi karena air, hal itu bisa terjadi lantaran demuk sudah tercampur dengan air yang bisa menyebabkan mekanisme motor starter bunyi bahkan macet,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022).

Dia mengatakan solusi dari rusaknya motor starter adalah dilakukan pembongkaran untuk dibersihkan mekanismenya dari kotoran atau sisa gemuk yang sudah bercampur dengan air.

“Setelah dibongkar akan diketahui apa penyebab motor starter rusak, apakah hanya kotor atau ada yang patah dan perlu diganti, sebenarnya sebelum memutuskan untuk membongkar motor starter juga wajib diperiksa arus listrik sampai ke motor starter atau tidak,” ucap Agus.

Menurut dia motor starter tidak hidup juga bisa karena putusnya rangkaian listrik akibat korsleting ketika air membasahinya.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Anang Wahyu. Dia mengatakan motor starter bisa bunyi atau macet karena terendam banjir.

“Selain bisa menimbulkan bunyi, motor starter yang terendam air juga bisa menyebabkan mesin mogok, sehingga mobil tidak bisa dinyalakan,” ucap Anang kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm