ilustrasi kartu prakerja. Kartu Prakerja akan dilanjutkan tahun 2023.
ilustrasi kartu prakerja. Kartu Prakerja akan dilanjutkan tahun 2023. ( prakerja.go.id)

Program Kartu Prakerja Dilanjutkan di Tahun 2023 dengan Skema Normal, Apa Bedanya?

10 Oktober 2022 17:46 WIB

SonoraBangka.ID -Pemerintah melalui Komite Cipta Kerja telah memutuskan akan melanjutkan program Kartu Prakerja tahun depan.

Program Kartu Prakerja tahun 2023 akan lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Komite Cipta Kerja dalam keterangan tertulis di laman Sekretariat Kabinet yang dikutip, Senin (10/10/2022).

Meskipun akan dilakukan skema normal pada tahun 2023, skema semi bantuan sosial (bansos) masih akan dilanjutkan hingga akhir kuartal IV-2022, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sama dengan yang telah berlangsung saat ini.

Perbedaan Kartu Prakerja tahun 2023

Terkait dengan pelaksanaan skema normal Kartu Prakerja, seluruh pihak diminta untuk mulai melakukan persiapan dan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait adanya berbagai perubahan, mengingat skema ini akan segera dilaksanakan pada awal tahun 2023.

Dengan pelaksanaan skema normal Kartu Prakerja di tahun 2023, pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta.

Penerima Kartu Prakerja akan memperoleh bantuan senilai Rp 4,2 juta per individu, dengan rincian sebagai berikut:

  • Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta
  • Insentif pascapelatihan Rp 600.000 yang akan diberikan sebanyak satu kali
  • Insentif survei sebesar Rp 100.000 untk dua kali pengisian survei.

Adapun program Kartu Prakerja tahun depan akan diimplementasikan secara daring, luring, maupun bauran.

Selain itu, Prakerja tahun 2023 memungkinkan bagi penerima bantuan sosial (bansos) dari kementerian atau lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk dapat menerima manfaat dari Kartu Prakerja.

Untuk diketahui, pada tahun 2022 Kartu Prakerja telah memberikan manfaat bagi 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Sebanyak 53,6 persen peserta Kartu Prakerja di tahun ini di antaranya berasal dari 212 kabupaten/kota target penurunan kemiskinan ekstrem serta mencakup calon pekerja migran Indonesia (PMI).

Adapun sejak awal pelaksanaan program Kartu Prakerja, total penerimanya telah mencapai 14,9 juta orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Program Kartu Prakerja Dilanjutkan di Tahun 2023 dengan Skema Normal, Apa Bedanya?", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/10/10/162651626/program-kartu-prakerja-dilanjutkan-di-tahun-2023-dengan-skema-normal-apa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm