Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).(Foto: Viar)
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).(Foto: Viar) ( KOMPAS.COM)

Menperin Tekankan Pentingnya Mengoptimalkan TKDN Motor Listrik

16 Oktober 2022 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke Viar Motor di Semarang. Menperin melihat proses produksi motor listrik Viar Q1 di Kawasan Industri BSB.

Dalam kunjungan Jumat (14/10/2022) tersebut, Menperin menekankan kepada produsen kendaraan listrik untuk terus mengoptimalkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

“Pengoptimalan nilai komponen lokal ini dapat meningkatkan potensi pasar kendaraan akibat diterbitkannya Inpres No 7 Tahun 2022,” kata Menperin dalam keterangan resmi, Minggu (16/10/2022).

Menperin mengingatkan bahwa upaya tersebut juga sesuai amanat Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

“Dengan demikian, kendaraan listrik yang telah memenuhi batasan minimal TKDN sesuai Perpres 55 Tahun 2019 dapat mengisi permintaan kendaraan dinas dan operasional pemerintah sesuai Inpres 7/2022,” kata dia.

General Manager Viar Motor Dimas Tommy Radityo mengatakan, sebenarnya produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk asing.

Tapi yang diperlukan oleh Viar dan juga produk dalam negeri adalah dukungan riil dari pemerintah, untuk ikut membantu menanamkan kebanggaan masyarakat dalam memakai produk dalam negeri.

“Kami di Viar Motor saat ini sudah memproduksi 16 tipe kendaraan yang sudah diverifikasi. Di antaranya motor perhubungan, pertanian, dan sport. Bahkan kami juga sudah memproduksi motor listrik," kata Dimas.

"Kami berharap ada keperbihakan pemerintah, khususnya dalam hal kebijakan agar produk lokal ini bisa bersaing dengan produk luar,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menperin Tekankan Pentingnya TKDN Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/16/170100815/menperin-tekankan-pentingnya-tkdn-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm