Ilustrasi instagram
Ilustrasi instagram ( businessinsider.com )

Ini 4 Cara Hindari Penipuan Berbasis Pesan Digital di Instagram

17 Oktober 2022 11:46 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman yang serba canggih ini, tidak sedikit modus penipuan baru yang mengintai kita, salah satunya adalah phising.

Dikutip dari Kompas.com, pishing dilakukan dengan mengirim 'umpan' berupa email yang akan mengarahkan penerimanya ke situs-situs palsu yang sangat mirip dengan situs aslinya.

Situs-situs tersebut akan meminta kita untuk memasukkan data-data pribadi, seperti nomor kartu kredit, nomor rekening, password, tanggal lahir, atau nama ibu kandung.

Data-data yang dicuri itulah yang akan digunakan untuk melakukan tindak penipuan.

Pishing juga kerap terjadi di Instagram, di mana pengguna mendapat Direct Message yang mengatasnamakan Instagram dan mengatakan bahwa akun kita akan segera dihapus.

Atau, pengguna mendapat Direct Messages yang menawarkan verifikasi hanya dengan mengklik link dalam pesan tersebut.

Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia tahun ini, Instagram mengajak para pengguna untuk mengenali metode phishing.

Kita diimbau bisa lebih berhati-hati terhadap pesan mencurigakan yang mengatasnamakan Instagram dan segera mengaktifkan fitur keamanan yang tersedia di Instagram.

Berikut ini 4 tips yang harus diperhatikan oleh pengguna untuk mengenali dan menghindari aksi phishing.

1. Instagram tidak pernah menghubungi pengguna melalui Direct Message

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm