Ilustrasi Kakao Talk
Ilustrasi Kakao Talk ( KOMPAS.com)

Server Down Gara-Gara Kebakaran, Bos KakaoTalk Langsung Mundur

22 Oktober 2022 07:25 WIB

SonoraBangka.ID - Co-Chief Executive Kakao, Namkoong Whom, mengundurkan diri setelah insiden kebakaran di pusat data yang berlokasi di Pangyo, bagian selatan Kota Seoul, Sabtu pekan lalu.

Kebakaran tersebut menyebabkan terjadinya pemadaman massal selama beberapa waktu. Hal itu berimbas pada layanan Kakao, seperti aplikasi pesan KakaoTalk, layanan ride-hailing milik Kakao, layanan pembayaran, perbankan, hingga game.

Di antara sejumlah layanan di atas, KakaoTalk adalah layanan yang paling populer. Bagi yang belum familier, KakaoTalk sendiri merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer di Korea Selatan.

Jumlah penggunanya di sanan ada lebih dari 47 juta. Sebagai gambaran, total penduduk Korea Selatan sendiri ada sebanyak 51,7 juta.

Api yang melahap pusat data tersebut dipadamkan setelah sekitar delapan jam. Kebakaran itu disebut sebagai insiden yang menyebabkan pemadaman server terburuk yang pernah ada bagi Kakao.

Dalam sebuah konferensi pers, Namkoong meminta maaf atas pemadaman massal yang terjadi. Ia mengatakan bahwa dirinya merasakan beban dan tanggung jawab yang berat atas insiden kebakaran tersebut.

Oleh karena itu, Namkoong kembali menambahkan bahwa pihak perusahaan akan berupaya yang terbaik untuk melakukan pemulihan, guna mengembalikan kepercayaan pengguna.

Pengunduran diri yang dilakukan Namkoong membuat Euntaek Hong selaku Head of Environmental, Social, and Governance (ESG) di Kakao, menjadi pemimpin perusahaan.

Perusahaan juga mengatakan perusahaan bakal menginvestasikan sebesar 460 miliar won (Rp 4,99 triliun) untuk membangun pusat datanya sendiri tahun depan dan satu data center lainnya akan selesai pada tahun berikutnya.

Sejauh ini sebagian besar layanan sudah mulai kembali beroperasi secara penuh. Hanya saja masih ada beberapa layanan yang masih terkena imbas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm