Dual SRS Airbag(Toyota Astra Motor (TAM))
Dual SRS Airbag(Toyota Astra Motor (TAM)) ( KOMPAS.COM)

Ini Benturan yang Bisa Memicu Airbag Mobil Mengembang

23 Oktober 2022 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Airbag menjadi fitur yang cukup diandalkan untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Hanya saja, terkadang airbag bisa mengembang walau belum terlalu dibutuhkan lantaran terjadi kecelakaan ringan.

Hal tersebut ternyata wajar saja terjadi, karena airbag akan mengembang berdasarkan laporan dari crash sensor. Lalu, apa saja yang bisa memicu mengembangnya airbag?

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan mengembangnya airbag karena sensor mendeteksi telah terjadi beberapa jenis benturan.

“Di mobil ada crash sensor, dia bekerja sebagai pendeteksi benturan pada mobil, jadi ketika mobil mengalami benturan atau tumbukan maka dia akan melapor ke modul airbag untuk memerintahkan airbag mengembang,” ucap Eko kepada Kompas.com, Sabtu (22/10/2022).

Dia mengatakan dengan beberapa jenis kecelakaan maka sensor akan membaca bahwa ada ancaman untuk pengendara.

“Seperti mobil menabrak pembatas jalan, mobil terjun, bagian bawah mobil nyangkut batu, dan lain sebagainya yang mana benturan itu berpotensi membuat pengendara cedera,” ucap Eko.

Sedangkan kalau kecelakaan itu cuma bergesekan, atau ada tumbukan dari belakang kemungkinan airbag tidak akan mengembang karena letak sensor berada di depan dan samping saja.

“Sensor tersebut ada di samping dan depan, itu tujuannya untuk mengantisipasi bila ada tumbukan dari arah depan dan samping,” ucap Eko.

Seperti yang diketahui bahwa kinerja airbag adalah menjaga pengendara tidak terhempas ke benda-benda yang keras di depan dan sampingnya.

“Airbag juga bekerja bersamaan dengan sabuk keselamatan yang akan mengencang otomatis bila airbag mengembang,” ucap EKo.

Jadi, ada beberapa pemicu airbag mengembang karena tidak semua jenis kecelakaan bisa menyebabkan pengendara cedera. Begitulah sistem yang dirancang pada fitur airbag pada mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Benturan yang Bisa Bikin Airbag Mobil Mengembang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/23/160100015/ini-benturan-yang-bisa-bikin-airbag-mobil-mengembang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm