Dual SRS Airbag(Toyota Astra Motor (TAM)
Dual SRS Airbag(Toyota Astra Motor (TAM) ( KOMPAS.COM)

Apa Benar Airbag yang Sudah Pernah Aktif Harus Segera Diganti?

24 Oktober 2022 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil yang mempunyai fitur keselamatan lengkap biasanya dibekali dengan airbag alias kantung udara dan pretensioner.

Kedua komponen tersebut akan melindungi penumpang dari risiko benturan yang bisa menyebabkan cedera. Airbag akan mengembang, dan pretensioner akan membuat sabuk keselamatan mengencang dengan otomatis jika mobil mengalami benturan.

Nah, kalau kedua komponen ini sudah pernah aktif, apakah benar harus diganti?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan penanganan standar untuk airbag dan pretensioner yang sudah aktif adalah dengan melakukan penggantian satu paket perangkat SRS airbag.

“Bila airbag dan pretensioner sudah pernah aktif, maka perlu diganti satu paket mulai dari airbagnya, pretensioner dan sabuk keselamatannya, crash sensor, hingga modul airbag-nya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (23/10/2022).

Dia mengatakan komponen airbag yang sudah pernah aktif tidak akan berfungsi untuk kedua kalinya.

“Jadi kalau masih mau memiliki mobil dengan fitur keselamatan maka satu set airbag harus diganti, karena komponen ini hanya aktif sekali saja,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan harga satu set airbag ini cukup mahal, sehingga banyak orang yang enggan untuk menggantinya.

“Untuk harga satu setnya bisa sampai Rp 10 jutaan, maka tak jarang pemilik mobil tidak mau ganti, mungkin daripada mengganti mendingan menjual mobil dengan harga yang lebih murah,” ucap Ibrohim.

Dia menjelaskan hal tersebut wajar saja terjadi, karena pemilik mobil juga perlu memikirkan biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan yang dialaminya. Belum lagi jika sampai ada yang terluka atau pun korban jiwa.

Jadi, penanganan standar untuk airbag yang sudah perna aktif adalah dilakukan penggantian satu set. Itu harus dilakukan bila pemilik mobil masih menginginkan fitur keselamatan tersebut berfungsi di mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Benar Airbag yang Pernah Aktif Harus Segera Diganti?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/24/111200415/apa-benar-airbag-yang-pernah-aktif-harus-segera-diganti-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm