Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas memberikan sambutan dalam peluncuran Reformasi Birokrasi Tematik Penanggulangan Kemiskinan di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Jumat (21/10/2022).
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas memberikan sambutan dalam peluncuran Reformasi Birokrasi Tematik Penanggulangan Kemiskinan di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Jumat (21/10/2022). ( Dokumentasi Kementerian PANRB)

Pesan Menteri PANRB ke 1.875 CPNS Kemenhub: Miliki Budaya Melayani Bukan Dilayani

26 Oktober 2022 07:52 WIB

SonoraBangka.ID - Sebanyak 1.875 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur pola pembibitan atau Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah dilantik.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas berpesan agar para perwira transportasi ini memiliki budaya melayani bukan dilayani. Hal lain yang dipesankan adalah bekerja dengan bersih, dan tidak terlibat dengan hal yang melanggar peraturan perundang-undangan.

"Tugas kalian adalah mewujudkan pelayanan di sektor perhubungan, menyambungkan transportasi di Indonesia. Dan ini merupakan momen bersejarah untuk darmabakti ilmu yang telah diperoleh," ujarnya saat Upacara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Kementerian Perhubungan Tahun 2022, dikutip melalui siaran pers Kementerian PANRB, Selasa (25/10/2022).

Selanjutnya dia ingin lulusan sekolah kedinasan ini dapat bekerja dengan lincah, sehingga dapat berdaya saing dengan yang lain. Dia bilang, jika terintegrasinya transportasi satu dengan yang lain didukung dengan pelayanan yang ramah akan berdampak pada meningkatnya investasi, terbukanya lapangan pekerjaan, dan berkurangnya kemiskinan.

Hal tersebut juga sejalan dengan pesan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang ingin birokrasi ini bukan sekadar tumpukan kertas, melainkan birokrasi harus berdampak dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga berpesan agar perwira transportasi dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Menurutnya disamping pembangunan infrastruktur yang masih jadi prioritas pemerintah, keselamatan dan keamanan para pengguna transportasi juga menjadi hal penting yang harus menjadi perhatian bersama.

"Pelantikan ini adalah awal darmabakti sebagai CPNS untuk laksanakan tugas dan pengabdian penuh rasa tanggung jawab dan profesional," tutur Menhub.

Dirinya mengapresiasi Kementerian PANRB yang telah memfasilitasi kuota bagi sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan. Menurutnya transportasi di daerah pelosok harus dijalankan oleh orang-orang yang berkompeten dibidangnya, salah satunya melalui jalur pola pembibitan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesan Menteri PANRB ke 1.875 CPNS Kemenhub: Miliki Budaya Melayani Bukan Dilayani", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/10/25/214000626/pesan-menteri-panrb-ke-1.875-cpns-kemenhub--miliki-budaya-melayani-bukan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm