Praktik bisnis oli palsu di Jawa Tengah(Dok. @divisihumaspolri)
Praktik bisnis oli palsu di Jawa Tengah(Dok. @divisihumaspolri) ( KOMPAS.COM)

Pemalsuan Oli Mesin Pada Sepeda Motor Masih Marak

27 Oktober 2022 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada motor bermesin konvensional, fungsi pelumas mesin sangatlah penting. Sayangnya, banyak oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan memasarkan oli palsu.

Baru-baru ini, pihak kepolisian berhasil mengungkap sekaligus meringkus praktik pemasaran oli palsu. Bahkan, pihak kepolisian juga berhasil menggerebek pabrik oli palsu yang diyakini beromzet ratusan juta rupiah.

Dikutip dari media sosial Instagram @divisihumaspolri, Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah (Jateng) menggeledah toko berikut gudang pembuatan oli palsu di daerah tiga lokasi berbeda yang berada di Demak dan Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berdasarkan pemeriksaan, ditemukan materi yang digunakan untuk membuat oli palsu adalah bahan olahan yang ditambah zat adiktif dan zat pewarna, kemudian dikemas untuk dipasarkan.

Wilayah edarnya pun cukup masif dan luas di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa Tengah dan Kalimantan.

"Jadi dalam setahun omzetnya sekitar Rp 11,5 miliar dan mereka sudah beroperasi selama dua tahun. Jadi, hasilnya sangat besar sekali yaitu Rp 23 miliar," ujar Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol. Dwi Subagio.

Pada foto-foto yang diunggah oleh Polri, terlihat kemasan oli yang menjadi barang bukti adalah Yamalube dan AHM Oil. Untuk Yamalube, diproduksi khusus motor Yamaha. Sedangkan AHM Oil, khusus untuk motor Honda.

Sayangnya, kedua pabrikan tersebut menolak untuk berkomentar terkait terungkapnya praktik pemalsuan oli yang melibatkan produk dari masing-masing pabrikan.

Rommy Averdy Saat, Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, adanya pemalsuan oli mesin tidak cuma merugikan produsen. Namun, juga konsumen yang merupakan pengguna oli tersebut.

"Oleh karena itu, kami juga terus berusaha memonitoring, berkoordinasi, dan mendukung pihak berwenang dalam memberantas oli palsu ini," ujar Rommy, saat dihubungi pihak Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemalsuan Oli Mesin Sepeda Motor Masih Marak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/27/161138515/pemalsuan-oli-mesin-sepeda-motor-masih-marak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm