Kesehatan seksual dan reproduksi, pentingnya pendidikan seks pada anak.
Kesehatan seksual dan reproduksi, pentingnya pendidikan seks pada anak. ( Photo by Ketut Subiyanto from Pexels)

Cegah Anak dari Pelecehan dengan Pendidikan Seks Sedini Mungkin

31 Oktober 2022 11:31 WIB

SonoraBangka.id - Akhir-akhir ini kita semua dibuat geram sekaligus miris dengan adanya kejadian pelecehan seksual yang dilakukan oleh guru kepada muridnya.

Ya, sederet kasus pelecehan seksual pada anak belakangan ini banyak yang mulai terungkap.

Tentu saja hal ini membuat para orangtua semakin waswas, bagaimana bisa lembaga pendidikan yang harusnya jadi tempat yang aman bagi anak malah jadi tempat terjadinya kasus pelecehan seksual.

Melihat kondisi yang ada, psikolog anak Dr. Ihsana Sabriani Borualogo, M.Si., Psikolog, mengingatkan betapa pentingnya pendididikan seksual diberikan kepada anak, sejak dini, sebagai upaya pencegahan agar anak bisa terhindar dari kejahatan seksual. 

Meskipun sekarang ini banyak orang tua yang mulai terbuka soal pendidikan seksual kepada anak, namun tidak jarang masih ada yang merasa bingung bagaimana konsep ataupun cara menyampaikan edukasi seksual kepada si kecil.

Kata Ihsana, “Pertama yang harus dipahami orangtua adalah bahwa yang dimaksud pendidikan seksual kepada anak itu konteksnya bukan berkaitan dengan relasi seksual sebagaimana pemahaman orang dewasa.”

Namun lebih kepada mengajarkan anak untuk memahami, belajar tentang anggota tubuhnya.

Sehingga output-nya anak tahu bahwa badannya tidak boleh dipegang oleh orang lain.

Bagaimana kita menjalankan pendidikan seks kepada anak di rumah?

Ajarkan Sesuai Namanya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm