Rektor UBB, Dr. Ibrahim
Rektor UBB, Dr. Ibrahim ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Rektor UBB Apresiasi Pemprov Babel Terkait MoU Bersama 15 Perguruan Tinggi

3 November 2022 15:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Universitas Bangka Belitung (UBB) menyambut baik adanya penandatangan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan Perguruan Tinggi yang ada di Babel.

"Ini yang pertama Pak Pj Gubernur mengumpulkan semua pimpinan perguruan tinggi (PT), sehingga kami mengapresiasi sekali, meski kita juga sadar bahwa PT bukan kewenangan Pemprov, namun kewenangan pemerintah pusat," kata Rektor UBB, Ibrahim Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Kamis (03/11/2022).

Lebih lanjut, Ibrahim menyampaikan, kesepakatan bersama ini memberi kejelasan akan bantuan biaya pendidikan yang akan diterima para mahasiswa baru hingga semester delapan.

Sehingga para mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya di PT hingga akhir.

"Ini jadi momentum perubahan karena Pak Gubernur komit untuk meneruskan beasiswa ini dan kita sangat senang, mengingat angka partisipasi kasar (APK) Perguruan tinggi di Babel masih rendah, namun dengan adanya pemberian beasiswa dapat sedikit menaikkan APK," ungkapnya.

Disetiap tahunnya UBB memberi bantuan beasiswa untuk 50 mahasiswa baru dan sampai saat ini sudah lebih dari 200 mahasiswa yang menerima beasiswa hingga semester 8. Dan mereka yang menerima beasiswa adalah yang uang kuliah tunggal nya (UKT) Rp 2,4 juta per semester.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin mengatakan, adanya penandatangan kesepakatan bersama (MoU) ini, untuk beasiswa kota harap agar tepat sasaran. Dan yang tertunda di 2 bulan lalu dapat segera dicairkan.

"Beasiswa yang tertahan kemarin hanya karena tertib administrasi saja. Namun tetap kita cairkan karena APK untuk PT di babel paling rendah secara nasional hanya 15 persen lebih, sedangkan nasional 31 persen," ujarnya.

Menurut Ridwan, Pemprov Bab terus berupaya untuk berusaha keras agar dapat memperbaiki itu karena modal yang paling penting adalah peningkatan SDM di daerah.

"Saya hanya khawatir krn kebiasaan mendapat uang mudah di babel jadi alasan malasnya mereka melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Ini akan kita telusuri dan pelajari," ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan penandatangan kesepakatan bersama (MoU) bersama 15 perguruan tinggi di Babel, diantaranya Universitas Bangka Belitung (UBB), IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel, ISB Atma Luhur Pangkalpinang, Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Babel, Politeknik Darma Ganesha Belitung, Polman Negeri Babel, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, UPBJJ-UT Pangkalpinang, Politeknik Belitung, STIE IBEK Pangkalpinang, STIE Pertiba Pangkalpinang, STIH Pertiba Pangkalpinang, STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang, STIKES Citra Delima Pangkalpinang dan STISIPOL Pahlawan 12 Pangkalpinang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm