Ilustrasi pemasangan STB agar bisa menonton siaran digital
Ilustrasi pemasangan STB agar bisa menonton siaran digital ( KOMPAS.com)

Belum Dapat STB Gratis dari Pemerintah? Anda Bisa Chat ke Nomor WhatsApp Ini

3 November 2022 16:19 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah memastikan migrasi siaran TV analog (analog switch off/ASO) akan dilakukan 2 November 2022. ASO 2 November 2022 akan dilakukan secara bertahap, bukan serentak seperti rencana sebelumnya.

Adapun wilayah yang terdampak migrasi siaran TV digital 2 November 2022 meliputi 222 wilayah, termasuk 9 kabupaten di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk kelancaran ASO, pemerintah juga membagikan set top box (STB) gratis yang diperuntukan bagi rumah tangga miskin yang terdaftar di DTKS Kemensos.

Namun, apabila ada masyarakat yang kemungkinan berhak menerima STB gratis tapi masih belum mendapatkannya, bisa menghubungi posko bantuan ASO yang sudah disiapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital oleh karena belum tersedia set-top-box bagi keluarga miskin, maka Kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (menkominfo), Johnny G Plate dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung, Kamis (27/10/2022) lalu.

Kontak posko ASO Kominfo

Bagi masyarakat yang memenuhi kriteria penerima STB gratis dari pemerintah, namun belum mendapatnya, bisa menghubungi kontak posko ASO berikut:

  • Nomor telepon: 159
  • Nomor chatbot WhatsApp: 08118202208

Masyarakat juga bisa mengakses website resmi Kominfo di URL https://siarandigital.kominfo.go.id/ untuk melihat informasi seputar ASO.

Selain untuk memastikan subsidi STB gratis, kontak posko bantuan ASO di atas juga bisa digunakan masyarakat untuk mendapat informasi apapun terkait migrasi TV analog ke TV digital.

Syarat penerima STB gratis Kominfo

Tidak semua masyarakat berhak mendapatkan STB gratis. Pemerintah hanya memberikan STB gratis bagi warga yang memenuhi syarat sebagai berikut:

  • WNI Masuk golongan Rumah Tangga Miskin
  • Minimal dalam satu keluarga, memiliki satu TV analog
  • Terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial
  • Berlokasi di dalam cakupan yang terdampak ASO.

Berdasarkan data DTKS, ada 7,9 juta rumah tangga miskin, di mana 6,7 juta di antaranya berada di wilayah terdampak ASO. Dari data tersebut, diasumsikan 6,7 juta rumah tangga miskin memiliki TV analog dan akan menjadi sasaran distribusi STB gratis dari pemerintah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm