Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon
Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon ( GSMArena)

Qualcomm Segera Umumkan Chipset Snapdragon Terbaru

14 November 2022 17:04 WIB

SonoraBangka.ID - Vendor chipset asal Amerika Serikat, Qualcomm, bersiap merilis system-on-chip (SOC) terbarunya. Chipset itu akan diperkenalkan dalam ajang tahunan "Snapdragon Summit" yang digelar di Hawaii, AS.

Melalui akun Instagram resminya, Qualcomm mengumumkan bahwa perhelatan tersebut akan digelar pada 15-16 November waktu AS atau 16 - 17 November waktu Indonesia. Biasanya dalam ajang Snapdragon Summit ini, Qualcomm memperkenalkan chipset kelas atas alias flagship.

Qualcomm pun telah menyebar undangan Snapdragon Summit 2022 kepada awak media. 

"Bersiap untuk gelombang inovasi teknologi berikutnya. Gabung di Snapdragon Summit livestream dari Hawaii 16-17 November mulai pukul 06.00 WIB, dan bersiap jadi Snapdragon insider pertama yang dibuat takjub dengan inovasinya," tulis akun Instagram @Snapdragon_ID.

Di acara Snapdragon Summit 2021 lalu, Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 1. Konon, dalam Snapdragon Summit 2022 ini chipset yang akan diperkenalkan adalah Snapdragon 8 Gen 2.

Meski demikian, Qualcomm sendiri belum mengungkap nama dari chipset terbaru ini. Nama Snapdragon 8 Gen 2 baru sebatas bocoran yang beredar.

Terkait spesifikasi penerus dari Snapdragon 8 Gen 1 tersebut, konon chipset ini akan membawa sejumlah peningkatan. Salah satunya adalah konfigurasi prosesor (CPU) delapan inti (octa core) baru dengan komposisi inti CPU 1 + 2 + 2 + 3, alih-alih 1 + 3 + 4 seperti pendahulunya.

CPU tersebut terdiri dari satu buah CPU Cortex-X3, dua buah CPU Cortex-A720, dua buah CPU Cortex-A710, dan tiga buah CPU Cortex A510.

Menurut kabar yang beredar, CPU Cortex-X3 dan Cortex-A720 bakal memiliki peningkatan performa sebesar 30 persen dibanding CPU Cortex-X1 dan Cortex-A78 di Snapdragon 8 Gen 1.

Sementara untuk pengolah grafis (GPU), penerus Snapdragon 8 Gen 1 kabarnya bakal ditenagai dengan GPU Adreno 740, sebuah peningkatan dari Adreno 730 pada Snapdragon 8 Gen 1

Meski banyak peningkatan, chipset teranyar Qualcomm ini disebut masih akan dibuat dengan fabrikasi 4 nanometer (nm), sama seperti pendahulunya. Kendati demikian, spesifikasi di atas baru bocoran semata. Spesifikasi asli yang lebih rinci baru bisa dipastikan tanggal 16-17 November nanti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Qualcomm Segera Umumkan Chipset Snapdragon Terbaru", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/11/14/15400027/qualcomm-segera-umumkan-chipset-snapdragon-terbaru.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm