Ilustrasi tanaman bonsai, pohon bonsai. (PIXABAY/ILONA BURSCHL)
Ilustrasi tanaman bonsai, pohon bonsai. (PIXABAY/ILONA BURSCHL) ( KOMPAS.COM)

Pohon Bonsai di Rumah, Baik atau Buruk Berdasarkan Feng Shui?

14 November 2022 21:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pohon bonsai atau tanaman bonsai memiliki penampilan yang unik. Selain itu, banyak orang mengaguminya dan menempatkan pohon bonsai di rumah untuk memberikan nuansa Zen yang menenangkan.

Akan tetapi, beberapa orang meyakini bahwa menempatkan pohon bonsai di rumah tidak bagus menurut feng shui. Sementara itu, ada pula orang yang mengatakan bahwa pohon bonsai membawa keberuntungan menurut feng shui.

Dikutip dari Feng Shui Beginner, Senin (14/11/2022), beberapa praktisi feng shui sangat percaya bahwa Anda tidak boleh menempatkan tanaman bonsai di dalam rumah.

Pasalnya, mereka mengklaim tanaman bonsai mengeluarkan aura negatif, mirip dengan tanaman yang paling tidak disukai dalam feng shui, yakni kaktus.

Di sisi lain, sekelompok praktisi feng shui menyukai tanaman bonsai dan mempromosikannya sebagai salah satu tanaman keberuntungan untuk kemakmuran.

Maka dari itu, mereka merekomendasikan untuk menempatkan tanaman bonsai di bagian mana pun di rumah yang membutuhkan lebih banyak elemen kayu untuk menyuburkan energi.

Mengapa orang menganggap bonsai buruk menurut feng shui?

Beberapa praktisi feng shui menyarankan agar penempatan tanaman bonsai di rumah tidak diinginkan karena merupakan tanaman kerdil. Ini berarti bahwa pertumbuhan dibatasi atau dikendalikan, mengompromikan prinsip-prinsip feng shui perkembangan alam.

Selain itu, bonsai juga menggambarkan simbolisme negatif dari pertumbuhan yang lambat atau terbatas dalam hidup dan karier Anda.

Mengapa beberapa orang percaya bahwa bonsai bagus menurut feng shui?

Anda tidak dapat menyangkal bahwa tanaman bonsai adalah pilihan karya seni yang sangat baik untuk dekorasi rumah karena keindahannya. Selain itu, termasuk dalam elemen kayu, menjadikannya penguat yang cocok untuk area Timur dan Tenggara.

Kesimpulannya, itu sangat tergantung pada diri Anda sendiri dan mengatasi rintangan mental. Kalau Anda memiliki firasat buruk tentang hal itu, atau tidak dapat membuat diri Anda percaya bahwa hal itu tidak akan berdampak negatif pada anggota keluarga, jangan pertimbangkan untuk memilikinya di rumah.

Alternatifnya, Anda bisa memilih tanaman lain yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. Faktor yang paling penting adalah Anda harus mencintai apa yang Anda tempatkan di rumah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon Bonsai di Rumah, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/14/083725876/pohon-bonsai-di-rumah-baik-atau-buruk-menurut-feng-shui?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm