Bawaslu Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tingkat Pelajar
Bawaslu Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tingkat Pelajar ( Bawaslu Pangkalpinang)

Bawaslu Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tingkat Pelajar

15 November 2022 19:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Bawaslu Kota Pangkalpinang mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, dilanjutkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU):nota kesepahaman dengan Sekolah Menengah Atas di wilayah Kota Pangkalpinang, bertempat di Bangka City Hotel, Selasa (15/11/22).

Ketua Bawaslu kota Pangkalpinang, Ida Kumala dalam sambutannya  menyampaikan, dalam sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada hari ini, pihaknya juga melibatkan sekolah menengah baik itu kejuruan maupun umum di Kota Pangkalpinang.

“Sekaligus MoU dengan 7 (tujuh) SMA/SMK, baik negeri maupun swasta, tujuannya untuk mengajak mereka menjadi pengawas partisipasi untuk Bawaslu Kota Pangkalpinang dalam pemilu serentak tahun 2024,” kata Ida Kumala.

Ia menambahkan, para pelajar ini, nantinya akan menjadi bagian untuk melakukan pengawasan karena Bawaslu pasti punya keterbatasan dari sisi sumber daya manusianya.

“Mudah-mudahan nanti dengan MoU yang kita lakukan, Insya Allah nanti kalau ada kegiatan di sekolah mereka, maka kami bersedia untuk melakukan sosialisasi,” ujarnya.

Menurut Ida Kumala, dengan melakukan sosialisasi ke tingkat pelajar, maka para pelajar ini bisa belajar, minimal mereka sudah harus mengawasi hak pilih mereka sendiri, karena mereka ini adalah pemilih pemula dan untuk pemilih pemula ini di pemilu legislatif dan di Pemilu kepala daerah pada bulan November tahun 2024.

“Sehingga potensi pemilik pemula yang sangat luar biasa, jangan sampai mereka justru dimanfaatkan oleh orang-orang yang nantinya tidak bertanggungjawab, jadi sebelum mereka dimanfaatkan oleh yang tidak bertanggungjawab, maka mereka menjadi bagian dari pengawasan partisipasi bersama Bawaslu Kota Pangkalpinang," pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm