PLN bersama Hyundai Kefico(PLN)
PLN bersama Hyundai Kefico(PLN) ( KOMPAS.COM)

Kerja sama dengan Hyundai Kefico, PLN Kembangkan SPBKLU Motor Listrik di Bali

17 November 2022 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Dengan Mengandeng Hyundai Kefico and Consortiums, PT PLN (Persero) melakukan kolaborasi pengembangan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) motor listrik.

Bali dijadikan sebagai lokasi pilot project kolaborasi penukaran baterai dengan menyediakan 50 unit motor listrik dari Hyundai Kefico kepada PLN. Kerja sama ini juga meliputi instalasi dan infrastruktur SPBKLU.

General Manager Hyundai Kefico ASEAN Region Control Office Jay Un Chun mengatakan, sinergi antara pemerintah dan perusahaan di Indonesia dibutuhkan untuk membuat model bisnis yang mampu memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

"Dalam 3 bulan kegiatan uji coba proof of concept diharapkan mampu memperoleh hasil yang diharapkan. Kami ingin memberikan kinerja yang lebih baik dari sisi kualitas maupun safety melalui produk kami," ucap Jay dalam keterangan resminya, Rabu (16/11/2022).

Bali dipilih sebagai tempat uji coba karena dianggap tempat terbaik untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik. Tak cuma dari segi pertumbuhan populasi tapi juga berbagai bentuk model bisnis yang mendukung pariwisata.

Sementara itu, Executive Vice President Retail Regional Jawa, Madura, dan Bali, Abdul Farid mengatakan, saat ini permasalahan pada motor listrik adalah di sisi baterai dan jangkauan.

Rata–rata teknologi yang ada saat ini untuk kendaraan listrik sudah menjangkau 100–500 kilomater (km), bahkan bisa sampai 1.000 km, tapi yang menjadi soal ialah harga.

"Membuat motor dengan sekali isi ulang bisa menjangkau 100–200 km itu bisa namun belum tentu feasible dari sisi harga. Dari kegiatan uji coba inilah diharapkan mampu menjawab tantangan ini, tentu dengan dukungan teknologi yakni battery swap sehingga menjadi solusi," ujar Farid.

Farid berharap agar pengembangan motor listrik nantinya bisa menjawab keraguan masyarakat dan dari uji coba proof of concept ini juga bisa ditemukan formula terbaik.

Sedangkan untuk lokasi SPBKLU di Bali sudah tersedi di Kantor PLN UID Bali, PLN ULP Denpasar Jl. PB Sudirman, Rumah BUMN Denpasar Jl. Raya Sesetan, Kantor PLN Pusharlis Jl. Gn Mandalawangi, Kantor PLN Yantek Sanur Jl. Danau Poso, PLN ULP Kuta Jl. Sunset Road, PLN Rumah Dinas Tangkuban Perahu, PLN Kantor Jaga Canggu Jl. Kayu Tulang, PLN Yantek Kuta Jl. Bypass Ngurah Rai, dan PLN Nusa Dua Jl. Taman Giri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bersama Hyundai Kefico, PLN Kembangkan SPBKLU Motor Listrik di Bali", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/17/143100115/bersama-hyundai-kefico-pln-kembangkan-spbklu-motor-listrik-di-bali.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm