Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto. ( KOMPAS.com)

BUMN Investasi Singapura Temasek Rugi Rp 4,3 Triliun, Imbas Bursa Kripto FTX Bangkrut

19 November 2022 08:53 WIB

SonoraBangka.ID - BUMN investasi SingapuraTemasek, mengalami kerugian hingga triliunan rupiah akibat investasi yang dilakukan di bursa kripto yang saat ini sedang dalam proses pengajuan kebangkrutan, FTX.

Dilansir dari CNN, Temasek berpotensi kehilangan 275 juta dollar AS atau setara Rp 4,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.600 per dollar AS), dari rencana penghapusan investasi perusahaan di FTX.

Melalui keterangan resmi Temasek menyatakan, perusahaan akan menurunkan nilai keseluruhan investasi yang dilakukan ke FTX menjadi nol, terlepas dari hasil pengajuan perlindungan kebangkrutan bursa kripto itu.

"Keputusan penghapusan invesatsi kami di FTX tidak akan berdampak signifikan terhadap performa investasi kami secara keseleruhan," tulis Temasek, dikutip Jumat (18/11/2022).

Temasek menyatakan, nilai investasi sebesar 275 juta dollar AS terdiri dari pendanaan yang dilakukan kepada FTX International dengan nilai sebesar 210 juta dollar AS, dan sisanya ditempatkan di FTX Amerika Serikat.

"Ada kesalahpahaman bahwa investasi kami di FTX adalah investasi ke dalam aset kripto. Sebagai klarifikasi, saat ini kami tidak memiliki secara langsung aset kripto," tulis Temasek.

Adapun total investasi Temasek di FTX berkontribusi terhadap 0,09 persen nilai portofolio bersih investasi perusahaan yang mencapai 403 miliar dollar Singapura per kuartal I-2022.

Asal tahu saja, sebelum kekisruhan terjadi, FTX memiliki valuasi sebesar 32 miliar dollar AS, dan didukung oleh sejumlah investor besar seperti SoftBank dan Tiger Global, dan juga sejumlah nama besar seperti Tom Brady, Gisele Bundchen, hingga Naomi Osaka.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BUMN Investasi Singapura Temasek Rugi Rp 4,3 Triliun, Imbas Bursa Kripto FTX Bangkrut", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/11/18/073000726/bumn-investasi-singapura-temasek-rugi-rp-4-3-triliun-imbas-bursa-kripto-ftx.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm