Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang Gelar Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang Gelar Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022 ( Sonora Bangka.id Zulhaidir)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang Gelar Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022

24 November 2022 20:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang mengadakan Acara Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022, sebagai kegiatan pembinaan lembaga adat yang penganutnya dalam daerah Kota Pangkalpinang pada sub kegiatan pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, objek pemajuan lembaga adat, di Hotel Grand Mutiara Kota Pangkalpinang. Kamis (24/11/22).

Asisten Pemkot Pangkalpinang, Ahmad Subekti mewakili Walikota Pangkalpinang menghadiri acara Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022, yang digelar oleh
Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, menyampaikan dalam sambutanya mengapresiasi acara ini sebagai kegiatan yang melestarikan budaya daerah terutamanya adat istiadat yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Mengapresiasi kegiatan Ritual Ngerabun Pusaka ini untuk melestarikan budaya kita, tentunya sangat positif untuk tujuan wisata di Kota Pangkalpinang," kata Ahmad Subekti.

Sementara itu, juga disampaikan, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Ratna Purnamasari bahwa kegiatan Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022 diadakan dengan tujuan untuk Pelestarian budaya daerah dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai objek wisata baru Di Kota Pangkalpinang.

"Hari ini kita launching kearifan lokal dengan mengelar Ritual Ngerabun Pusaka Tahun 2022 ini untuk mewujudkan tagline kita, yaitu kearifan lokal untuk keberlanjutan kehidupan masa kini," kata Ratna.

Ia menambahkan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang mengelar Ritual Ngerabun Pusaka ini sebagai bentuk eksistensi dari kebudayaan kota Pangkalpinang ini kepada daerah lain, bahwa Kota Pangkalpinang sangat antusias melestarikan kebudayaan daerah yang berasal dari kearifan lokal yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Ke depannya kita akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengelar kembali Ritual Ngerabun Pusaka ini dengan lebih menarik lagi dan bisa memiliki nilai jual yang tinggi, dan pegelaran ini juga sebagai bentuk eksistensi kita, bahwa kita sangat antusias melestarikan budaya daerah kita," pungkasnya.


PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm