Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Dapat Dinyalakan?

26 November 2022 22:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini banyak mobil yang dilengkapi dengan remote keyless sebagai fitur keamanan. Teknologi ini membuat pengoperasian mobil lebih praktis karena pengendara tidak perlu lagi memakai anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Pengendara cuma perlu membawa remote keyless, menekan tombol start dan menginjak pedal rem atau kopling maka mesin bisa dihidupkan. Sangat praktis!

Semua itu bisa terjadi karena mobil menggunakan remote keyless. Nah, remote ini bisa berfungsi karena sinyal terpancar menggunakan bantuan daya listrik dari baterai di dalamnya. Lantas, kalau daya baterainya habis apa mesin masih bisa dihidupkan?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan kalau baterai di dalam remote keyless habis mesin masih bisa dihidupkan, namun menggunakan prosedur yang sedikit berbeda.

“Bila baterai remote habis, atau baterai dilepas sekali pun, mesin masih bisa dihidupkan dengan menempelkan bagian belakang remote pada tombol starter atau push button yang tersedia, tempelkan saja lalu tombol ditekan seperti biasa maka mesin akan hidup,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan untuk prosedur menyalakan mesin dengan baterai remote habis hampir sama seperti biasanya hanya saja remote harus ditempelkan pada tombol.

“Dengan menempelkan remote pada tombol, pedal rem atau kopling diinjak seperti biasa, lalu tombol starter dipencet, maka sewajarnya mesin akan bisa hidup,” ucap Didi.

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi karena mobil masih mengandalkan sistem immobilizer yang ada di mobil tanpa melibatkan antena.

“Itu sama saja dengan sistem yang ada pada mobil dengan immobilizer biasa, mengandalkan sinyal yang terpancar pada chip tanpa ada bantuan antena yang ada di sekeliling tombol,” ucap Didi.

Jadi, remote keyless yang habis daya baterainya masih bisa digunakan untuk menghidupkan mesin walau dengan prosedur yang sedikit berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daya Baterai Remote Keyless Habis, Apa Mesin Masih Bisa Dinyalakan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/26/122200315/daya-baterai-remote-keyless-habis-apa-mesin-masih-bisa-dinyalakan-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm