Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ( KOMPAS.com)

Menteri PUPR: Minat Investasi di IKN Nusantara Naik 25 Kali Lipat

29 November 2022 07:47 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPRBasuki Hadimuljono mengatakan, minat investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara meningkat 25 kali lipat dari total lahan yang ditawarkan pada tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022)

"Minat investasi di IKN dapat kami melaporkan mengalami peningkatan 25 kali lipat dari total lahan yang ditawarkan pada sosialisasi awal pada tahun 2022 Agustus, dari semula 38 hektar jadi 965 hektar untuk pembangunan fasilitas pendidikan, kesehatan, perumahan dan perkantoran," kata Basuki.

Basuki mengatakan, investasi pada fasilitas pendidikan atau zona 1B seluas 41 hektar yang terdiri dari perguruan tinggi, sekolah internasional, dan lembaga riset swasta.

Kemudian, investasi pada fasilitas kesehatan atau zona 1B seluas 29 hektar yang terdiri dari rumah sakit nasional terpadu dan rumah sakit lainnya.

"Sektor perumahan seluas 155 hektar pada zona 1A dan 1B untuk kawasan residensial, dan investasi pada perkantoran jasa dan komersil seluas 14,4 hektar meliputi area perkantoran PMR, retail outlet dan departemen store," ujarnya.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan IKN Nusantara, pihaknya telah berkirim surat kepada Kementerian Keuangan terkait kebutuhan anggaran tahun 2023 sebesar Rp 12,7 triliun.

"Anggaran ini untuk pembangunan jalan kerja logistik dan akses jalan KIPP dan pembangunan hunian ASN dan TNI Polri," ucap dia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PUPR: Minat Investasi di IKN Nusantara Naik 25 Kali Lipat", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/11/28/184242626/menteri-pupr-minat-investasi-di-ikn-nusantara-naik-25-kali-lipat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm