ILUSTRASI AYAM
ILUSTRASI AYAM ( )

Pedagang Ayam di Pangkalpinang Was-was Harga Ayam Melonjak Jelang Akhir Tahun Nanti

2 Desember 2022 20:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Harga jual ayam ras di Pasar Induk Pembangunan Kota Pangkalpinang kini masih tinggi, tak kunjung menurun.

Berdasarkan hasil pantauan Bangkapos.com pada Jumat (2/12/2022), harga jual ayam ras berkisar dari Rp30 ribu per kilogram, dan Rp33 hingga Rp35 ribu per kilogram untuk ayam bersih atau potongan.

Harga jual tersebut diketahui sudah berlangsung selama kurang lebih dua minggu terakhir.

"Harga ayam sekarang masih tinggi di kisaran Rp30 ribu - Rp35 ribu, dan belum ada penurunan. Kalau bisa kan hanya di kisaran Rp25 ribu - Rp28 ribu," kata Steven, pedagang ayam di Pasar Induk Pangkalpinang Jumat (2/12/2022).

Ia mewanti-wanti harga ayam akan kembali alami kenaikan jelang akhir tahun ini. Apalagi jika ketersedian ayam di PT minim.

"Kita jual ayam ini sesuai harga dari PT-nya. Kalau PT naik, ya otomatis kita jual juga naik. Apalagi ini biasanya jelang akhir tahun, harga ayam ini memang kerap terjadi kenaikan," katanya.

Dikatakan Steven, daya beli masyarakat akan ayam tidak stabil. Oleh sebab itu dia harap agar harg jual ayam bisa turun dan kembali stabil.

"Kalau sehari jualam tak menentu, kadang bisa ratusan kilo per hari, tapi kadang juga enggak sampe. Tetapi biasanya kalau jelang weekend seperti hari ini (Jumat, red) sampai Minggu, penjualan lumayan lebih tinggi,"ucapnya.

Selain  itu, pedagang ayam di Pasar Pagi Pangkalpinang bernama Hendra, juga mengaku waswas akan terjadi kenaikan harga ayam jelang akhir tahun.

Dirinya tak  mengetahui pasti penyebab naik turunnya harga ayam yang sering terjadi di Bangka Belitung.

"Saat ini kan sekilonya di kisaran Rp30 ribuan, sebelumnya masih di harga Rp25 - Rp28 ribu. Seharusnya, kalau dilihat dari kondisi ayam yang besar-besar harganya lebih murah, tetapi ini malah naik. Ya kita tidak tahu juga penyebabnya," ujar Hendra.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pedagang dAyam di Pangkalpinang Wanti-Wanti Harga Ayam Melonjak Jelang Akhir Tahun, https://bangka.tribunnews.com/2022/12/02/pedagang-dayam-di-pangkalpinang-wanti-wanti-harga-ayam-melonjak-jelang-akhir-tahun.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm