Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Malang, Jumat (28/10/2022)
Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Malang, Jumat (28/10/2022) ( KOMPAS.com)

Jelang Libur Nataru, Mendag: Harga Barang Kebutuhan Pokok Stabil

5 Desember 2022 17:37 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim harga barang kebutuhan pokok (bapok) secara umum stabil dan stok aman menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023.

Hal ini disampaikan Zulkifli saat menerima aduan masyarakat di sektor perdagangan bersama pengacara kondang Hotman Paris Hutapea di Kedai Kopi Johny, Jakarta, pada Sabtu (3/12/2022).

Zulkifli mengatakan, pihaknya bersama Kementerian/Lembaga serta pemerintah daerah melakukan pengawasan pergerakan harga bapok secara intensif sehingga inflasi tetap terkendali.

"Saya telah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Secara umum harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup," kata Zulkifli dalam keterangannya dikutip Minggu (4/12/2022).

Zulkifli juga memastikan barang kebutuhan pokok akan terus tersedia. Menurut dia, jika harga bapok gejolak, pemerintah akan langsung bertindak dengan memberikan subsidi baik untuk harga maupun untuk biaya logistik.

"Pemerintah menjamin ketersediaan barang pokok dan jika ada kenaikan harga, langsung disubsidi melalui Pemerintah Daerah," ujarnya.

Zulkifli mengatakan, dirinya mendapatkan aduan terkait kenaikan harga kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe.

Pemerintah, kata dia, telah menugaskan Bulog untuk mengimpor 300.000 ton kedelai dan akan dijual dengan harga sekitar Rp 11.000 per kilogram bila harga impornya Rp12.000 per kilogram.

"Pemerintah telah mendorong Perum Bulog untuk melakukan importasi secara langsung dari negara produsen guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga kedelai di pasar. Jadi perajin tahu dan tempe dapat membeli dari Perum Bulog dengan harga yang terjangkau," tuturnya.

Selain itu, Zulkifli juga menerima aduan terkait kenaikan harga minyak goreng.

Ia memastikan masyarakat mendapatkan minyak goreng curah dan kemasan untuk merk Minyakita dengan harga Rp14.000/liter.

Terakhir, Mantan Ketua MPR RI ini menerima aduan terkait pengurusan izin impor produk hortikultura. Terkait hal tersebut, ia meminta importir memenuhi persyaratan sesuai aturan dan mengutamakan impor komoditas yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.

"Produk hortikultura yang mampu kita hasilkan tidak perlu impor. Utamakan buah-buahan dan sayur-sayuran lokal. Buah yang sudah ada di dalam negeri tidak perlu diimpor lagi," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Libur Nataru, Mendag: Harga Barang Kebutuhan Pokok Stabil", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/12/05/051000626/jelang-libur-nataru-mendag--harga-barang-kebutuhan-pokok-stabil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm