Temu Alumni IKA UBB, Minggu (4/12/2022)
Temu Alumni IKA UBB, Minggu (4/12/2022) ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Gelar Job Fair dan Seminar Nasional, Temu Alumni IKA UBB Dihadiri Wamenaker

5 Desember 2022 22:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Bangka Belitung (IKA UBB) menggelar temu alumni dengan sejumlah rangkaian acara, meliputi Rapat Kerja II IKA UBB, Job Fair dan Seminar Nasional, di Graha Timah pada Minggu (4/12/2022).

Ratusan peserta yang tergabung dalam IKA UBB pun tampak antusias saat mengikuti seminar nasional yang dihadiri oleh Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) RI, Afriansyah Noor sebagai salah satu narasumber pada kegiatan ini.

Selain Wamenaker RI, Seminar Nasional yang mengusung tema "Menakar Perubahan Dunia Kerja di Era Digitalisasi: Peluang atau Tantangan" ini RI juga dihadiri oleh Rektor UBB, Ibrahim dan Dirut SDM PT Timah Tbk.

Dalam kesempatan itu, Rektor UBB, Ibrahim mengungkapkan, IKA UBB sengaja mengundang Wakil Menaker RI, Afriasnyah Noor untuk turut memberi pandangan kepada para alumni agar siap memasuki dunia usaha di era digitalisasi ini.

"Kita sengaja mengundang Wamenaker RI agar dapat mendorong akselerasi percepatan untuk cepat terjun ke dunia kerja dan memberi pandangan-pandangan terkait dinamika ketenagakerjaan berbasis digitalisasi khusus untuk alumni-alumni kita," terang Ibrahim.

Menurutnya, hingga saat ini para alumni UBB sudah banyak yang bekerja diberbagai kerjaan dan teman-teman harus selalu mengikuti perkembangan di zaman yang beragam ini.

"Saat ini UBB terus berusaha menyesuaikan diri agar bisa menyesuaikan program studi berbasis digital, sehingga para lulusan UBB nantinya siap terjun ke dunia usaha. Namun disamping itu tetap soft skill yang terpenting agar kita dapat membawa diri dan beradaptasi ketika kita bekerja dilapangan sehingga sangat fleksibel," tuturnya.

Wakil Menaker RI, Afriansyah Noor mengatakan, para alumni UBB harus bisa mengembangkan high skill dan soft skill yang ada dan prodi di UBB juga sudah selaras, kedepan dapat terus berkolaborasi dengan kebutuhan-kebutuhan perusahaan di era digitalisasi.

"Saya memberi pemahaman kepada para alumni UBB untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam memahami digitalisasi. Kami Kemenaker memiliki BLK dan UPTP di Belitung punya kemenaker dan kita dapat melanjutkan program-program ketenagakerjaan untuk meningkatkan kemampuan bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IKA UBB, Andi Yusti menyebutkan, seminar nasional ini digelar agar para alumni dapat melihat arah kebijakan pemerintah daerah dan dunia kerja di era digitalisasi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan diri dan mengikuti perkembangan zaman.

"Semoga dari kegiatan ini akan banyak lagi penyerapan tenaga kerja dari pelaku UMKM kita, dan bisa merubah pola fikir serta mindset kita agar siap dan ikut berkompetisi di era digital yang terus berkembang pesat," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm