Chain lube pilihan terbaik pelumas rantai sepeda motor(Suzuki)
Chain lube pilihan terbaik pelumas rantai sepeda motor(Suzuki) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Ini supaya Rantai Motor Tetap Awet Selama Musim Hujan

5 Desember 2022 22:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor tipe sport dan bebek masih memakai rantai sebagai penggerak. 

Berbeda dari skutik, rantai membutuhkan perawatan khusus yang rutin. Terlebih saat musim hujan seperti saat ini, kotoran dan lumpur gampang menyebabkan komponen tersebut berkarat. 

Oleh karena itu, perawatan rantai dan gir sangat penting. Hal ini guna mencegah rantai kendur atau putus di jalan. 

"Motor sebelum masuk ke garasi dipastikan benar-benar bersih. Kotoran di rantai atau gir memicu korosi, tentu lama-kelamaan memengaruhi usia pakai," kata Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022). 

Rantai dan gir dibersihkan menggunakan sikat sampai kotoran benar-benar tidak menempel. Kemudian, dikeringkan sebelum diberikan cairan pelumas khusus.

Perawatan tersebut juga bisa dilakukan sembari memperhatikan detail kondisi pin rantai dan tingkat kerenggangan untuk mencegah rantai putus. 

"Cek detail satu per satu komponen rantai, jika memang kendur bisa sekalian dilakukan pengencangan. Lihat pula apakah rantai masih layak pakai atau aus," kata dia. 

Cairan pelumas yang digunakan ada aturannya. Menurut Nurhadi, tak direkomendasikan untuk menggunakan oli bekas karena menyebabkan rantai gampang kendur. 

Selain itu, sifat oli yang lengket juga mengotori bagian-bagian lainnya, termasuk pengendara dalam kondisi tertentu. 

"Oli bekas kan mengandung gram besi, jadi memudahkan kotoran debu dan kotoran menumpuk jika digunakan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Ini biar Rantai Motor Tetap Awet Selama Musim Hujan ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/05/143100015/ketahui-ini-biar-rantai-motor-tetap-awet-selama-musim-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm