Ilustrasi takoyaki.
Ilustrasi takoyaki. ( shutterstock/Shinari)

Lembut Dan Anti Kempes, Berikut 6 Tips Cara Membuat Takoyaki

6 Desember 2022 14:40 WIB

SonoraBangka.id - Takoyaki terkenal dengan bentuk bulat sempurna dan teksturnya yang sangat lembut. Tanpa pergi ke restoran, kamu bisa membuat takoyaki lembut dan bulat sempurna atau antikempis ini di rumah. Selain untuk dinikmati bersama keluarga di rumah, takoyaki ini juga bisa menjadi ide jualan untuk kamu yang suka masak. Simak enam cara membuat takoyaki lembut dan antikempis, sebelum membuatnya di rumah berikut ini. Tips ini dibagikan langsung oleh pemilik Wakoyaki, usaha takoyaki dan okonomiyaki, Wafa Harwindo.

1. Pastikan komposisi bahan sudah tepat

Ada beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat takoyaki, yakni tepung, air, telur, dan bumbu. Menurut Wafa, tepung yang digunakan untuk membuat takoyaki berbeda, yakni tepung mix siap pakai atau beberapa jenis tepung. Keempat bahan tersebut harus dicampur dengan perbandingan yang tepat untuk menghasilkan adonan takoyaki sempurna. "Bisa coba-coba dulu takarannya selain mengikuti resep. Pokoknya sampai ketemu takaran yang pas banget," saran Wafa. Khusus air, Wafa mengatakan, bisa memakai air biasa atau air es untuk membuat takoyaki. Tidak ada masalah pada keduanya.

2. Siapkan isian

Selain adonan, kamu juga memerlukan bahan isi untuk takoyaki. Isian takoyaki biasanya berupa gurita, sosis, crab stick, keju, atau bakso. Wafa menyarankan, isian takoyaki sebaiknya disiapkan sebelum memanggang adonannya. Kamu bisa mencuci bersih isian, kemudian memotongnya sama rata dan menaruhnya di kulkas.

3. Pakai api sedang

Api kompor untuk membuat takoyaki sebaiknya diatur ke sedang-tinggi, seperti disarankan Wafa. Kamu bisa mengatur api kompor sedang di awal pemasakan. Jika takoyaki hampir matang, naikkan suhu api menjadi tinggi agar lebih cepat matang. "Api besar gak papa biar di dalamnya lembut, luarnya renyah," tutur Wafa saat ditemui Kompas.com, Jumat (2/11/2022).

4. Gunakan banyak minyak

Jangan lupa untuk memasukkan minyak banyak ke dalam cetakan takoyaki sembari memanaskannya di atas kompor. Wafa menuturkan, minyak banyak akan membantu takoyaki menjadi garing di luar, tidak kering.  

5. Balik takoyaki saat setengah matang

Hal penting yang menentukkan takoyaki adalah saat memasaknya adalah proses membalik makanan ini. Menurut Wafa, takoyaki sebaiknya di balik saat sudah setengah matang agar bentuknya bulat sempurna dan tidak kempis. "Lihat pinggirannya. Kalau sudah setengah matang, tidak encer, dan sudah diisi, bisa langsung diputar pakai tusukan sate," kata Wafa.

6. Panggang takoyaki 15 menit

Takoyaki membutuhkan waktu agak lama untuk matang. Wafa mengatakan, satu kali pemasakan takoyaki setidaknya memerlukan 15 menit untuk matang sempurna. Kamu bisa membalik takoyaki di pertengahan durasi ini dan melanjutkan memasaknya hingga matang. Takoyaki yang sudah matang bisa dilihat dari warna luarnya yang kecoklatan dan sedikit hitam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Takoyaki Lembut dan Antikempis, Bisa Jadi Ide Jualan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/06/140600775/6-cara-membuat-takoyaki-lembut-dan-antikempis-bisa-jadi-ide-jualan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm