Karat pada piringan disc brake (())
Karat pada piringan disc brake (()) ( KOMPAS.COM)

Kenapa Bisa Muncul Bercak Karat pada Piringan Cakram Mobil?

6 Desember 2022 19:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perawatan mobil musim hujan membutuhkan beberapa perhatian khusus. Selain rutin mencuci, pemilik juga dituntut lebih sering memeriksa detail kondisi komponen penting.

Prioritas yang jadi patokan adalah sistem pengereman, seperti disc brake dan kondisi komponen-komponen lainnya yang menentukan keamanan dan keselamatan berkendara.

Hal yang sering membingungkan adalah munculnya bercak noda karat pada permukaan disc brake yang tak diketahui dari mana asalnya. Apalagi bagi mobil yang jarang digunakan.

Menjelaskan fenomena tersebut, Instruktur Training Center Nasmoco Bejo Agung Nugroho mengatakan, bercak karat pada disc brake bukanlah sesuatu yang berbahaya.

Kondisi tersebut dianggap menjadi hal yang wajar karena bagian roda mobil basah dan mengering secara alami.

"Sisa air yang membasahi roda akan kering karena suhu udara atau terpapar sinar matahari. Seperti diketahui, bahan baku logam yang digunakan untuk disc brake memang beda dari bagian mobil lainnya. Material cakram dibuat dari cost iron atau besi tuang. Mudah teroksidasi dan terkontaminasi partikel asing atau kotoran udara bebas," kata Bejo dihubungi Kompas.com, Senin (5/12/2022). 

Walau kerap dikhawatirkan menggangu pengereman, Bejo menekankan, noda karat tersebut bisa hilang dengan sendirinya saat mobil berjalan atau digunakan.

Awalnya memang akan ada sedikit gejala seperti mengunci, apalagi jika sebelumnya mobil baru di cuci. 

Reaksi alamiah pembentukan korosi pada disc brake terjadi dalam waktu yang singkat. Bejo mendiskrispikan, kampas rem lengket dengan terjadi akibat tingkat oksidasi tinggi, berbanding lurus dengan kaliper yang mengatur ritme tekanan rem berhenti total.

Kondisi kampas rem yang dipenuhi kotoran karat menyebabkan celah yang menekan piringan cakram jadi tertutup.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm