ilustrasi pempek.
ilustrasi pempek. ( SHUTTERSTOCCK/Sassi Photoworks)

Cairkan Dulu Di Suhu Ruang, Berikut Tips Menggoreng Pempek Beku

6 Desember 2022 20:18 WIB

SonoraBangka.id - Selain pempek siap makan, kamu juga bisa membeli pempek beku yang kini banyak dijual di pasaran. Meski sudah matang, pempek beku biasanya harus digoreng terlebih dulu sebelum disajikan bersama cuko. Pempek beku tidak bisa asal digoreng. Sebab, akan memengaruhi tekstur bagian dalam dan luarnya. Tantry, manajer Pempek Candy di Palembang, membagikan cara menggoreng pempek beku yang bisa kamu ikuti di rumah berikut ini.

1. Cairkan dulu di suhu ruang

Pempek beku memiliki tekstur yang keras dan terkadang menempel satu dengan lainnya. Kamu perlu mencairkan pempek beku terlebih dulu di suhu ruang agar lebih lunak dan tidak menempel. Menurut Tantry, cukup biarkan pempek beku di suhu ruang selama beberapa jam hingga mencair. Kamu juga bisa merendam bungkus pempek beku di dalam air untuk mencairkannya lebih cepat. 

2. Gunakan minyak dengan panas stabil 

Tantry tidak mengatakan panas api kompor spesifik untuk menggoreng pempek beku. Namun, pastikan memakai api kompor stabil agar matangnya sempurna. "Jangan terlalu panas api kompornya, annti gosong. Suhunya harus stabil, jadi panas pempek bagian dalam itu terpenuhi sampai matang," ujar Tantry saat ditemui Kompas.com di Pempek Expo Sarinah Jakarta, Sabtu (3/12/2022). Sebaliknya, menggunakan api kompor terlalu rendah akan membuat pempek menjadi lembek setelah digoreng. 

3. Cukup balik pempek satu kali

Ada dua ketentuan membalik pempek selama menggorengnya. Pertama, Tantry menyarankan untuk membaliknya satu kali saja. Hal tersebut berlaku bila suhu api kompor benar-benar stabil selama proses menggorengnya. Jadi, bila satu sisi pempek sudah matang, kamu cukup membaliknya dan memasaknya kembali hingga matang. Namun, jika suhu panasnya tidak stabil, Tantry mengatakan untuk membalik pempek berulang hingga matang dan siap diangkat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Goreng Pempek Beku, Cairkan Dulu di Suhu Ruang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/06/180900875/3-cara-goreng-pempek-beku-cairkan-dulu-di-suhu-ruang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm