ilustrasi okonomiyaki.
ilustrasi okonomiyaki. ( shutterstock/TheNUshutter)

Masak Pakai Teflon, Berikut Cara Membuat Okonomiyaki Rumahan

6 Desember 2022 20:27 WIB

SonoraBangka.id - Jika pergi ke restoran, kamu akan melihat okonomiyaki yang dimasak di atas teppan atau pelat besi datar. Kamu juga bisa membuat okonomiyaki versi rumahan. Tanpa teppan, cukup menggunakan teflon. Kepada Kompas.com, pemilik Wakoyaki, usaha takoyaki dan okonomiyaki, Wafa Harwindo Harlan membagikan empat cara membuat okonomiyaki di rumah berikut ini.

1. Pakai kol segar

Jangan menumpuk irisan kol untuk membuatokonomiyaki. Menurut Wafa, okonomiyaki lebih bagus dibuat menggunakan kol segar. Kol segar akan membantu menghasilkan tekstur okonomiyaki tidak begitu lembek setelah matang. Kamu bisa membelah kol utuh, lalu mengirisnya memanjang untuk membuat okonomiyaki di rumah. B

2. Sesuaikan takaran adonan dan kol

Kol harus ditaruh terlebih dulu saat membuat takoyaki. Setelah meletakkan teflon di kompor, masukkan kol sesuai porsi yang diinginkan. Kemudian, tuang adonan yang sudah dibuat dari campuran tepung, telur, air, dan bumbu. "Cukup tuang sampai membentuk saja, jangan sampai ada kol yang tumpah. Jadi cukup saling menempel saja sayurannya," saran Wafa saat ditemui Kompas.com, Jumat (2/11/2022).

3. Balik okonomiyaki perlahan 

Jika kol, adonan, telur, dan topping sudah berada di atas teflon. Kamu dapat menunggunya hingga agak matang sembari ditutup. Jika okonomiyaki sudah setengah matang, kamu bisa membaliknya perlahan menggunakan spatula agar tidak hancur.

4. Tuang tambahan minyak

Okonomiyaki selanjutnya bisa dipanggang hingga matang dengan api kecil-sedang. Beri tambahan minyak ke dalamnya. Jika sudah, lanjutkan memasak okonomiyaki dan tekan perlahan hingga kecoklatan dan matang sempurna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Okonomiyaki Rumahan, Masak Pakai Teflon", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/06/160300275/4-cara-membuat-okonomiyaki-rumahan-masak-pakai-teflon.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm