Wakil Ketua KPID Babel bersama Annoucer Motion Radio Bangka
Wakil Ketua KPID Babel bersama Annoucer Motion Radio Bangka ( Sonorabangka.id)

Cegah Penyebaran Berita Hoax, Ini Pesan Wakil Ketua KPID Babel

7 Desember 2022 10:30 WIB


SONORABANGKA.ID - Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KIPD) Kepulauan Bangka Belitung, Sonya Anggia Sukma menyebutkan bahwa ada tiga ciri-ciri berita hoax, yakni mengakibatkan kebencian, tidak jelas dan bermuatan fanatisme terhadap ideologi.

Hal itu diungkapkan Sonya, saat menjadi narasumber Podcast Lapor Hoax yang mengusung tema "Peran KPID Babel Dalam Mencegah Penyebaran Berita Bohong di Motion Radio Bangka, pada Selasa (6/12/2022) pagi.

"Ada tiga ciri - ciri berita hoax. Yang pertama mengakibatkan, kecemasan, kebencian, dan permusuhan. Kedua, berita tidak jelas. Seperti diketahui, hoax di media sosial biasanya pemberitaan media yang tidak terverifikasi, tidak berimbang, dan cenderung menyudugkan pihak tertentu. Ketiga Bermuatan Fanatisme atas ideolog, judul dan pengantarnya provokatif
memberikan penghukuman serta menyembunyikan fakta dan data," terang Sonya.

Sonya juga memberikan trik cara mengecek berita hoax, terutama berupa gambar atau foto.

"Jika berupa gambar/foto, buka saja google image, klik icon kamera dan upload gambar yang mau dicek atau copas link/url gambar yang akan dicek kebenaranya" kata Sonya.

Ia pun berharap kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat memilah-milah informasi dan stop membagikan berita yang belum jelas kebenarannya apalagi hoax.

" Jika kita menerima berita hoax yang tanpa tau dari mana asal usul berita tersebut tanpa ada dasar dari berita tersebut dan belum di verifikasi ataupun berita tersebut hanya di dapati dari copas wa grou tetangga lebih baik jangan di share. Jadilah masyarakat yang cerdas dalam memilih melihat dan membaca serta mendengar berita," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm