Salah satu adegan dalam serial Squid Game yang tayang di Netflix
Salah satu adegan dalam serial Squid Game yang tayang di Netflix ( KOMPAS.com)

Hal Yang Dilarang di Korea Utara Selain Nonton Drama Korea

8 Desember 2022 13:46 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah Korea Utara tidak hanya melarang warganya menonton drama Korea, tapi ada sejumlah hal lain yang juga dilarang untuk dilakukan.

Korea Utara menggandakan perang budayanya, memperingatkan warga untuk menjauh dari semua hal tentang Korea Selatan, termasuk mode, musik, gaya rambut, dan bahkan bahasa gaul.

Materi asing termasuk film dan buku dilarang, dengan hanya beberapa pengecualian yang disetujui negara, mereka yang tertangkap dengan barang selundupan asing sering menghadapi hukuman berat, kata para pembelot. Berikut beberapa hal yang dilarang oleh pemerintah Korea Utara selain drama Korea dan film.

Mendengarkan musik Kpop

Sedikitnya ada tujuh orang sampai akhir tahun 2021 yang dieksekusi karena menonton dan mendistribusikan video musik Kpop dari Korea Selatan. Disebutkan bahwa Hyesan yang menjadi perbatasan Korea Utara dan China, menjadi fokus utama Kim untuk menghentikan infiltasi Kpop.

Mendengarkan atau menonton film dan musik berbahasa asing.

Selain drama Korea dan musik Kpop, pemerintah Korea juga dikabarkan melarang masyarakatnya untuk menonton film atau mendengarkan musik dengan bahasa asing. Melakukan hal itu bisa dianggap sebagai sebuah kejahatan di negara itu.

Pada 2015, Kim Jong Un mengeluarkan dekrit untuk menghapus semua kaset dan CD yang berisi lagu-lagu yang dilarang negara untuk menahan perbedaan pendapat. Hukumannya tergantung dari tempat asal film tersebut: seseorang yang menonton film Amerika dapat dieksekusi, sedangkan menonton film India dapat dihukum penjara.


Gaya rambut

Di Korea Utara, ada sejumlah potongan rambut yang disetujui negara untuk pria dan wanita. Wanita yang sudah menikah harus menjaga agar rambut mereka tetap pendek, sementara wanita lajang bisa menggunakan kunci yang sedikit lebih panjang dan lebih keriting.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm